Menghadapi Perubahan Suhu, Kemenkeu : Perlu Dilakukan Gotong Royong Semua Pihak

- Selasa, 15 Juni 2021 | 08:37 WIB
Perubahan iklim. (pikiran-rakyat.com)
Perubahan iklim. (pikiran-rakyat.com)

JAKARTA,suaramerdeka-wawasan.com-Suhu di Indonesia, bahkan dunia akan terus mengalami kenaikan. Untuk itu, setiap negara diminta agar melaksanakan kontribusi penurunan karbon.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Dirinya mengatakan, bahwa masyarakat dihadapkan pada konsekuensi beradaptasi dengan perubahan iklim.

Oleh sebab itu, kata Sri Mulyani, masyarakat perlu aktif memitigasi risikonya.'' Setiap negara wajib kontribusi menurunkan karbon. Bila ini dilakukan maka akan terhindar dari kenaikan suhu,''ungkap Sri Mulyani.

Sebab, kata Srimulyani, berdasarkan Nationally Determined Contribution (NDC) di Paris, bahwa dunia di tahun 2030 suhunya naik menjadi 3,2 derajat celcius di atas praindustri.

Baca Juga: Rossi: Kami Bermimpi Kalahkan Portugal

Para ahli menyebutkan, bahwa suhu tersebut telah melewati batas kenaikan suhu maksimal yang bisa ditahan/dilalui oleh bumi yaitu 1.5-2 derajat celcius.

Sri Mulyani juga mengungkapkan, belajar dari pandemi Covid-19, maka dengan waktu kurang dari 10 tahun dunia dihadapkan pada bencana lain, yaitu Climate Change.

Menurut Sri Mulyani, perlu target yang lebih ambisius dalam mengatasi persoalan tersebut.

Indonesia, jelas Sri Mulyani, berkomitmen untuk menurunkan CO2 emission-nya, yaitu 29 persen dengan menggunakan upaya dan resources sendiri atau dapat menurunkan CO2 emission sebesar 41 persen apabila mendapatkan dukungan internasional.

“Untuk meng-address issue Climate Change bukan sebuah upaya yang murah dan gratis. Indonesia sudah menerjemahkan upaya penurunan emisi karbon untuk bisa mencapai komitmen tersebut pada program nasional Rencana Pembangunan Jangka Menengah diantaranya program Prioritas Nasional nomor 6,” ujar Sri Mulyani, seperti yang dikutip dari pikiran-rakyat.com, Senin, 14 Juni 2021.

Halaman:

Editor: Kusmiyanto

Sumber: Pikiran Rakyat

Terkini

China Rilis Penampakan Foto Lengkap Planet Mars

Jumat, 11 Juni 2021 | 17:33 WIB

Awas, Suhu Panas Bumi akan Melampui Batas

Senin, 31 Mei 2021 | 10:14 WIB
X