Kementerian Kominfo Luncurkan Siaran TV Digital Mulai 30 April 2022, Optimistis Jumlah Penonton Tetap Banyak

- Jumat, 25 Februari 2022 | 23:47 WIB
Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo, Ismail. /Dok Istimewa/
Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo, Ismail. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Kementarian Kominfo (Komunikasi dan Informatika), bakal menghentikan siaran TV Analog ke digital atau yang dikenal analog switch off (ASO), yang tahap pertama akan digulirkan mulai 30 April 2022.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementarian Kominfo, Ismail mengatakan, tetap optimistis jumlah penonton televisi (TV) di Indonesia tetap banyak, di tengah kehadiran layanan streaming hingga dari internet lainnya.

''Prediksi kami sudah mengikuti tren dari transformasi digital di indonesia, dan peminat atau penonton tv saat ini masih tetap stabil jumlahnya,'' kata Ismail, dalam konferensi pers virtual yang disiarkan di YouTube pada Jumat, 25 Februari 2022.

Baca Juga: Meski Masa Pandemi, Gaikindo Prediksi Penjualan Mobil Tahun Ini Tembus 900 Ribu Unit

Walau begitu, Ismail tak mengelak, kalau sebagian masyarakat Indonesia sudah mulai beralih ke layanan streaming atau media internet lain. Ia pun optimistis masyarakat yang menonton melalui broadcasting, juga memiliki jumlah yang besar.

''Penonton atau pemirsa yang menonton melalui broadcasting juga memiliki jumlah yang tidak kecil. Puluhan juta masyarakat kita masih bertumpu mendapatkan informasi dari siaran televisi,'' klaim dia.

Ia juga memberitahu, kalau ada perbedaan dari kegunaan masing-masing siaran TV dan internet. Untuk layanan streaming, katanya, konsep yang ditampilkan memang bisa lebih interaktif.

Baca Juga: 5.000 Lebih Warga Terdampak Gempa Bumi Pasaman Barat Ngungsi, Tercatat 7 Meninggal dan 85 Alami Luka

Sementara itu, sambungnya lagi, untuk masyarakat yang hanya gemar menonton saja, tanpa interaktif, jauh lebih efisien menggunakan perangkat televisi.

''Kami memprediksi hal ini masih cukup lama karena kegunaannya yang berbeda,'' kata Ismail, menanggapi apakah layanan streaming mampu mengalahkan televisi.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

China Rilis Penampakan Foto Lengkap Planet Mars

Jumat, 11 Juni 2021 | 17:33 WIB

Awas, Suhu Panas Bumi akan Melampui Batas

Senin, 31 Mei 2021 | 10:14 WIB
X