Roy Suryo Menyakini Benda Asing yang Jatuh di Gunung Merapi Meteor

- Selasa, 1 Juni 2021 | 14:10 WIB
Potret kejadian meteor jatuh yang diduga terjadi di Gunung Merapi pada Kamis, 27 Mei 2021 lalu /Instagram.com/@agoez_bandz4
Potret kejadian meteor jatuh yang diduga terjadi di Gunung Merapi pada Kamis, 27 Mei 2021 lalu /Instagram.com/@agoez_bandz4

SM Wawasan.Unggahan foto kejadian yang menjadi viral di medsos, berupa meteor jatuh di puncak Gunung Merapi, Yogyakarta pada 27, Mei 2021 pukul 23.07 Wib mendapat tanggapan dari pakar Telematika, Roy Suryo.

Roy Suryo mengungkapkan bahwa benda asing yang viral jatuh di  puncak gunung Merapi itu memang benar. Bahkan Roy Surya menyakini bahwa foto tersebut bukan rekayasa.

Pakar telematika Roy Suryo ini menyakini bahwa benda asing tersebut meteor. “Viral Foto Meteor jatuh di "Puncak Merapi", Jogja 27/05/21 23.07 WIB. Banyak Netizen meragukan Foto tsb, tetapi InsyaaAllah memang benar itu Meteor,” ujar Roy Suryo.

Tetapi menurutnya, jatuhnya meteor tersebut tidak jatuh tepat di atas Puncak Gunung Merapi, melainkan karena sudut pengambilan gambar yang diambil oleh sang fotografer yang mendapatkan spot menguntungkan.

Baca Juga: Pasar Mobil Low Suv Diprediksi Akan Bersaing, Penjualan Toyota Raize Tinggi

Oleh karenanya, menurut Roy Suryo foto meteor tersebut seolah memang jatuh ke dalam Kawah Gunung Merapi, padahal nyatanya tidak.

“Hanya memang karena Angle Fotografer yang menguntungkan maka seolah-olah Meteor tersebut masuk ke Kawah Merapi, padahal tidak,” katanya, sebagaimana Pikiran-Rakyat.com kutip dari akun Twitter @KRMTRoySuryo2 yang diunggah pada 28 Mei 2021.

Di sisi lain, dengan beredarnya berita viral tersebut, pihak Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengatakan bahwa kamera CCTV yang berada di Deles (sisi timur Gunung Merapi) sempat merekam kilatan cahaya pada tanggal 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta Minggu 30 Mei 2021: Akibat Nino Marah pada Al , Rendy Curiga Sikap Pak Dadang

Menurut BPPTKG, tidak terdapat sinyal yang signifikan dari data kegempaan dan tidak dilaporkan terdengar suara atau terlihat kilatan cahaya dari pos-pos pemantauan Gunung Merapi.

Halaman:

Editor: Kusmiyanto

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

China Rilis Penampakan Foto Lengkap Planet Mars

Jumat, 11 Juni 2021 | 17:33 WIB

Awas, Suhu Panas Bumi akan Melampui Batas

Senin, 31 Mei 2021 | 10:14 WIB
X