Sebuah Bus Pariwisata Ludes Terbakar, saat Melintas di Jalan Tol Semarang ke Solo

- Kamis, 17 November 2022 | 21:37 WIB
Bus pariwisata yang terbakar di Jalan Tol Semarang ke Solo sedang dipadamkan petugas Damkar Kota Semarang. /Dok Istimewa/
Bus pariwisata yang terbakar di Jalan Tol Semarang ke Solo sedang dipadamkan petugas Damkar Kota Semarang. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Sebuah bus pariwisata yang sedang melintas di jalan Tol Semarang-Solo KM 425 ludes terbakar pada Kamis, 17 November 2022.

Akibat bus yang terbakar itu, bahkan jalan tol sempat ditutup sebagian saat dilakukan pemadaman oleh para petugas Damkar Kota Semarang.

Kabid Ops dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Semarang, Untung Sugiono mengatakan, pihaknya tiba di lokasi kebakaran pukul 09.20 WIB saat api sudah membara.

Baca Juga: Kasus Perselingkuhan Bidan Puskesmas Kian Panas, Kini Suami Balas Laporkan Balik Istrinya ke Polres Purworejo

''Akhirnya berhasil api yang membakar bus bisa dipadamkan pukul 10.30 WIB. Sedang lokasinya di Plaza Toll Mayaran KM 425 Semarang,'' jelas Untung kepada wartawan, usai kejadian kebakaran.

Menurut dia, bus pariwisata yang membawa penumpang itu melaju dari arah barat, tiba-tiba sopir melihat adanya asap dan langsung menepikan kendaraannya, kemudian menghubungi pihak Damkar.

Ia mengatakan, Damkar Kota Semarang lalu mengirim dua unit Damkar dengan 10 personel ke lokasi kejadian, sehingga saat proses pemadaman api sebagian ruas jalan tol itu pun sempat ditutup.

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Apresiasi BRI yang Catat Laba Bersih Rp39,31 Triliun

''Iya sebagian ditutup, karena bus yang terbakar berada di pinggir, jadi pemadaman dilakukan dengan menutup sebagian jalan tol,'' paparnya.

Berdasarkan video yang beredar, badan tol masih bisa dilalui dengan dua kendaraan secara bersamaan, sehingga tidak terjadi kemacetan saat proses pemadaman.

''Kemacetan nggak begitu parah. Hanya sementara, nggak ada satu jam, kendaraan merayap saja, tetap jalan,'' terangnya.

Baca Juga: Tiba di Alicante, Spanyol, Timnas Indonesia U-20 Langsung Bersiap Melawan Timnas Prancis U-20

Untung menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran bus ini, namun secara keseluruhan bus hangus terbakar.

''Total kerugian yang dialami karena bus ludes terbakar diperkirakan Rp220 juta,'' pungkas Untung.***

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X