Pengguna Tol Semarang ke Demak Merasa Senang, Bisa Hindari Kemacetan di Jalur Pantura

- Minggu, 13 November 2022 | 21:28 WIB
Para pengguna jalan Tol Semarang ke Demak ketika melintas di jalan yang sedang diuji coba. /Dok Istimewa/
Para pengguna jalan Tol Semarang ke Demak ketika melintas di jalan yang sedang diuji coba. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Para pengguna jalan Tol Semarang - Demak seksi II, merasa senang dengan dibukanya jalan bebas hambatan ini, lantaran bisa memangkas waktu tempuh yang cukup signifikan.

Setelah diinspeksi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, akses Tol Semarang-Demak seksi II (Sayung-Kadilangu, Demak) mulai dibuka pada Sabtu, 12 November 2022, untuk mengurai kemacetan di jalur Pantura.

Hanya saja, pembukaan jalur tersebut dilaksanakan secara terjadwal, pada pagi mulai pukul 06.00-10.00 WIB, jalur dibuka dari arah Demak menuju Semarang melaui exit Tol Kadilangu.

Baca Juga: Dugaan Perselingkuhan Bripka AS dengan Bidan Ketahuan Suaminya lewat Chat WA, Mau Tahu Isinya?

Sementara itu, pada sore hari mulai pukul 15.00-18.00 WIB, jalur dibuka dari arah Semarang ke Demak via exit Tol Sayung.

Salah satu pengguna ruas jalan Tol Semarang - Demak, Widodo yang bekerja sebagai sopir layanan travel Pati - Semarang, mengatakan, adanya tol tersebut menghemat waktu tempuh perjalanan.

Menurut dia, karena lalu lintas tol yang lancar, membuat tak terlalu kelelahan seperti biasanya.

Baca Juga: Bus AKAP Terguling Timpa Minibus di Jalan Sragen ke Ngawi, Lima Orang Mengalami Luka

''Kalau mau ke Semarang pusing, macet bikin capek. Biasanya sampai tiga jam. Kalau tadi lewat sini lancar enak dan aman.

Bisa mengurangi waktu satu jam. Rutenya juga bagus, kualitas jalan aman, terus pemandangannya unik ya bisa lihat rawa-rawa,'' ungkap Widodo.

Begitu pula Arifin, seorang pengusaha tas jinjing pasar, merasa manfaat dibukanya jalur Tol Semarang - Demak, membuat lalu lintas lancar sehingga mendukung usahanya.

Baca Juga: Sambut KTT G20 di Bali, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Siap Operasional 24 Jam

''Biasanya itu kena macet berjam-jam, kadang cari jalan tikus, lewat sini malah lancar. Saya sebagai orang Demak itu ikut seneng, nyaman dan harapannya bisa dibuka semua, biar pengguna jalan tidak kena macet,'' kata Widodo.

Humas PT Pembangunan Perumahan (PT PP), Robby Sumarna mengatakan, uji coba Tol Semarang-Demak seksi II (Kadilangu-Sayung) sebagai jalur alternatif, tidak terlepas dari arahan Ganjar Pranowo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

''Ini permintaan Pak Gubernur dan Pak menteri,'' kata Robby dalam keterangannya kepada wartawan pada Minggu, 13 November 2022.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X