Saluran Dibenahi, PKL Berjualan di Seputar Pagar RSUP dr Kariadi Semarang Direlokasi

- Rabu, 19 Oktober 2022 | 11:31 WIB
PKL yang berjualan di sekitar pagar RSUP dr Kariadi, Semarang pada Selasa, 18 Oktober 2022. /Dok Istimewa/
PKL yang berjualan di sekitar pagar RSUP dr Kariadi, Semarang pada Selasa, 18 Oktober 2022. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - PKL (Pedagang Kaki Lima) yang berjualan di sekitar pagar RSUP dr Kariadi, Semarang, akan direlokasi dan ditata lantaran saluran air akan dibenahi.

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, PKL-PKL tersebut nantinya akan direlokasi tidak jauh dari lokasi awal, yaitu Jalan Kedungjati yang merupakan kawasan perumahan milik PT KAI.

''Jadi PT KAI akan menyiapkan lahan relokasi PKL di Kedungjati atau di mana. Jadi kami tidak akan asal gusur. Kami harus memastikan relokasi yang layak untuk PKL," kata Fajar dikutip dari laman resmi Pemkot Semarang, Selasa, 18 Oktober 2022.

Baca Juga: Tiga Kendaraan Jadi Korban Pelemparan Batu di Tol Semarang ke Solo, Polisi Buru Pelakunya

Menurut dia, rencana relokasi terhadap 40 PKL tersebut sebenarnya sudah masuk tahap kedua, karena pada tahap pertama sudah ada 30 pedagang yang direlokasi ke Jalan Kedungjati.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah meminta petugas Kelurahan Randusari sebagai pemangku wilayah bisa rapat bersama pedagang, agar Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang bisa mulai merencanakan normalisasi saluran air.

Baca Juga: Presiden FIFA: Piala Dunia U-20 2023 Aman, FIFA Jamin!

''Saya minta Kelurahan Randusari merapatkan relokasi PKL Kariadi. Target kita, awal Desember sudah selesai relokasi ke tempat baru yang disediakan PT KAI,'' harapnya.

Sementara itu Manajer Humas PT KAI Daop IV, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, pihaknya mendukung langkah yang dilakukan Pemkot Semarang, dan berharap tetap menjalankan prosedur sewa lokasi untuk lahan relokasi pedagang tersebut.

''Pada prinsipnya kami mendukung kegiatan yang akan dilakukan. Namun kaitannya dengan aset yang akan digunakan relokasi, ada prosedur-prosedur yang harus dilalui. Jadi, pada intinya ada prosedur sewa terkait dengan rencana relokasi PKL,'' jelasnya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X