Ayo Tetap Naik Bus Trans Semarang! Meski Harga BBM Naik, Tarif ke Segala Jurusan Enggak Naik Lurr

- Kamis, 8 September 2022 | 10:49 WIB
Ilustrasi bus Trans Semarang di halte Simpanglima. /Dok Istimewa/
Ilustrasi bus Trans Semarang di halte Simpanglima. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Meski harga BBM subsidi dinaikkan pemerintah, Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Trans Semarang tidak menaikan tarif BRT Trans Semarang.

Kepala BLU UPTD Trans Semarang, Hendrix Setiawan mengatakan, tarif bus Trans Semarang tetap seperti biasa sebesar Rp3.500 untuk penumpang umum yang bayar nontunai, dan Rp4.000 yangbayar secara tunai.

''Tarif bus Trans Semarang masih tetap mengacu pada Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 39 Tahun 2022 pada tanggal 27 Juni 2022,'' jelas Hendrix dalam keterangan pers, Rabu, 7 September 2022.

Baca Juga: Rel Kereta Api Masih Aktif di Jalur Brebes Dicuri, Dua Pelaku Diringkus Polsek Losari

Menurut Hendrix, bus Trans Semarang bukan profit oriented, tapi merupakan pelayanan untuk masyarakat, sehingga belum ada rencana menaikkan tarif di tengah naiknya harga BBM subsidi.

Ia mengatakan, saat ini bus Trans Semarang memang menggunakan bahan bakar gas (BBG), namun tetap membutuhkan bahan bakar minyak, karena teknologi yang diterapkan dengan sistem hybrid.

''Teknologi system hybrid, yakni menggabungkan antara BBG dan BBM, yang fungsinya untuk mengurangi emisi gas buang di Kota Semarang,'' paparnya.

Baca Juga: Meninggalnya Santri Pondok Gontor, Menag: Bisa Saja Izin Dicabut, Kalau Terbukti Lakukan Kekerasan Sistematis

Dia menyebutkan, kebutuhan Solar yang digunakan untuk armada bus bus Trans Semarang besar, rata-rata sekira 106 liter per hari, sedang armada sedang 40 liter per hari, dan untuk feeder 40 liter per hari.

Sekretaris Komisi C DPRD Kota Semarang, Suharsono menyampaikan, kenaikan harga BBM subsidi memang tidak berdampak pada tarif Trans Semarang, karena penggunaan BBM sepenuhnya disubsidi Pemerintah Kota Semarang.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X