Antisipasi Kasus Covid 19, Dinkes Kota Semarang Pantau Kondisi Para Haji Sepulang dari Tanah Suci

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 20:51 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M Abdul Hakam. /Dok Istimewa/
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M Abdul Hakam. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Mewaspadai melonjaknya kasus Covid 19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang memantau kondisi para haji sepulang dari Tanah Suci.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M Abdul Hakam mengatakan, pihaknya telah menyiapkan petugas kesehatan yang ditempatkan di Asrama Haji Donohudan, Boyolai, sejak para haji itu tiba di Indonesia.

''Dinas Kesehatan Kota Semarang langsung melakukan tes swab antigen, untuk memastikan haji yang baru tiba dari Tanah Suci dalam kondisi sehat dan tidak terpapar Covid 19,'' jelas Hakam dalam keterangannya, Rabu, 3 Agustus 2022.

Baca Juga: Kakak Beradik di Demak Meninggal Hampir Bersamaan, Diduga Keracunan Makanan

Menurut dia, para haji asal Semarang dari Kloter 16 dan 17 yang jumlahnya 360 orang, setelah dilakukan swab antigen semua negatif Covid 19.

Sementara itu, katanya lagi, untuk jemaah haji dari Semarang yang bergabung di Kloter 22 belum tiba di Tanah Air, dan nantinya juga akan dilakukan skrining yang sama.

''Alhamdulillah negatif semua, baik para haji yang baru tiba di Tanah Air maupun petugasnya,'' jelas Hakam.

Baca Juga: Pasoepati Berbela Sungkawa Meninggalnya Suporter PSS Sleman, Berharap Pendukung Persis Kian Dewasa

Ia mengatakan, meski hasil swab antigen para haji yang baru tiba dari Tanah Suci menunjukkan hasil negatif, namun beberapa orang mengalami gejala batuk dan pilek.

Menurutnya, gejala tersebut kemungkinan dialami karena perubahan cuaca antara Tanah Suci dengan Indonesia, sehingga diperlukan penyesuaian.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Waduh...KPK Membuka Kemungkinan Memeriksa Ketua MA

Minggu, 25 September 2022 | 15:21 WIB
X