Kasus Kopda Muslimin Ditutup, Para Pelaku Penembakan Istrinya Jadi Ranah Peradilan Umum

- Jumat, 29 Juli 2022 | 10:55 WIB
Rumah orangtua Kopda Muslimin saat dilakukan olah TKP. /Dok Istimewa/
Rumah orangtua Kopda Muslimin saat dilakukan olah TKP. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Proses penyelidikan buron TNI dan Polri, Kopda Muslimin yang ditangani Pomdam IV/Diponegoro, akhirnya dinyatakan ditutup.

Komandan Pomdam (Danpomdam) IV/Diponegoro, Kolonel CPM Rinoso Rudi mengatakan, kasusnya memang belum sempat dilimpahkan namun Kopda Muslimin sudah ditemukan tewas di rumah orangtuanya, Kamis, 28 Juli 2022.

''Kopda Muslimin, diduga menjadi dalang penembakan istrinya, namun anggota Batalyon Arhanud 15/DBY ditemukan tewas,'' jelas Rinoso di RS Bhayangkara Semarang, Kamis, 28 Juli 2022.

Baca Juga: Saat Kabur Kopda Muslimin Temui Pacarnya, Sempat Berang Ternyata Ogah Diajak Hidup Bersama

Rinoso menjelaskan, penyidikan soal penembakan itu pada saat ini masih dilakukan oleh Polisi, sedang khusus untuk Kopda Muslimin seharusnya ditangani TNI.

''Namun Muslimin malah ditemukan tewas pagi tadi, sebelum kasusnya dilimpahkan ke militer,'' terangnya.

Dia mengungkapkan, penyidikan yang dilakukan di Polri belum ada pelimpahan, masih peradilan umum, belum ke pengadilan militer meskipun dari saksi dan pelaku mengarah pada Kopda Muslimin.

Baca Juga: Hasil Otopsi Tewasnya Kopda Muslimin akibat Keracunan, Tak Dimakamkan Secara Militer

Rinoso mengatakan, hal ini karena yang bersangkutan belum tertangkap, sehingga belum bisa dilimpahkan, tapi setelah ditemukan tewas tidak dilimpahkan.

''Pasal 77 KUHP demikian. Tersangka meninggal, itu ditutup. Sedang kasus eksekutor menjadi ranah peradilan umum,'' paparnya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Waduh...KPK Membuka Kemungkinan Memeriksa Ketua MA

Minggu, 25 September 2022 | 15:21 WIB
X