Bea Cukai Semarang Musnahkan Pakaian Bekas Impor, Nilainya Rp2,9 Miliar

- Kamis, 28 Juli 2022 | 07:43 WIB
Pakaian bekas yang diimpor dimusnahkan di Kantor Bea Cukai Semarang, Rabu, 27 Juli 2022. /Dok Istimewa/
Pakaian bekas yang diimpor dimusnahkan di Kantor Bea Cukai Semarang, Rabu, 27 Juli 2022. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Bea Cukai Semarang memusnahkan sebanyak 222 ball pakaian bekas atau yang kini dikenal thrift, dengan cara dibakar di kantornya, Rabu, 27 Juli 2022.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Semarang Sucipto menjelaskan, awalnya kiriman 222 bal pakaian bekas dari Pontianak itu diamankan di Semarang.

''Penindakan balpress ini kerja sama dengan Bea Cukai Pontianak, ada 222 bal pakaian bekas,'' jelas Sucipto di kantor Bea Cukai Semarang, Rabu, 27 Juli 2022.

Baca Juga: Kapolresta Surakarta Ultimatum Suporter, Berharap Jaga Nama Baik Kota Solo dan Persis

Ia belum menjelaskan asal negara dari pakaian bekas tersebut, karena barang tersebut masuk ke Pontianak kemudian dikirim ke Semarang, sehingga dilakukan penindakan.

''Kan itu dilarang. Kita dapat informasi pengiriman, barang sudah naik ke kapal. Kami lakukan penangkapan di pelabuhan domestik Pelabuhan Tanjung Emas Semarang,'' jelasnya.

Pakaian bekas yang jadi barang bukti itu dimusnahkan, secara simbolis sampel dibakar dan disaksikan sejumlah pejabat termasuk Kepala Kanwil Bea Cukai Jateng-DIY, Muhammad Purwanto.

Baca Juga: Truk Trailer Hancurkan Rumah Warga di Jalur Pantura Kendal, Beruntung Tak Ada Korban Jiwa

Selain baju bekas, pemusnahan juga dilakukan terhadap 1.592.332 batang rokok ilegal, 3.900 gram tembakau iris, dan 358,37 liter minuman keras.

Sucipto mengatakan, nilai seluruh barang yang dimusnahkan sekitar Rp2,9 miliar.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Waduh...KPK Membuka Kemungkinan Memeriksa Ketua MA

Minggu, 25 September 2022 | 15:21 WIB
X