Raih Penghargaan Kota Layak Anak dari Kementerian PPPA, Hendi: Untuk Warga Semarang

- Minggu, 24 Juli 2022 | 21:12 WIB
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Bambang Suranggono mewakili Pemkot Semarang menerima penghargaan Kota Layak Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Susana Yambise. /Humas Pemkot Semarang/
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Bambang Suranggono mewakili Pemkot Semarang menerima penghargaan Kota Layak Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Susana Yambise. /Humas Pemkot Semarang/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Komitmen Pemerintah Kota Semarang dalam mewujudkan lingkungan yang ramah bagi tumbuh kembang anak dan mengedepankan pemenuhan hak dan perlindungan anak, mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat.

Bonus komitmen tersebut adalah di.berikannya penghargaan sebagai Kota Layak Anak (KLA) pada saat peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang dipusatkan di Pekanbaru Provinsi Riau, Sabtu, 23 Juli 2022.

Kota Semarang masuk dalam kategori Pratama, dengan penghargaan diserahkan langsung Menteri PPPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) RI, Yohana Susana Yambise.

Baca Juga: Kelompok Pemotor Serang Warga di Salaman, Lima Orang Ditangkap Polres Magelang

Penghargaan itu, diterima Pemerintah Kota Semarang yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Bambang Suranggono.

Penghargaan sebagai Kota Layak Anak, pernah diterima Semarang pada tahun 2012, 2013, dan 2015. Sedangkan pada tahun 2014 tidak ada penerimaan penghargaan, dan 2016 Semarang belum meraih penghargaan.

Menurut Menteri Yohana, penilaian penghargaan KLA tidak hanya melibatkan pemerintah pusat, namun juga tim independen yang berkompeten di bidangnya, melalui research dan analisis secara seksama selama kurang lebih setahun.

Baca Juga: Minibus Tabrak Pengendara Motor di Kota Pekalongan, Pembonceng Meninggal

Ia mengatakan, penilaian terdiri 6 indikator kelembagaa dan 25 indikator substansi, yang dikelompokkan dalam 5 klaster hak anak yaitu hak sipil dan kebebasan.

Selain itu, katanya lagi, juga lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; kesehatan dan kesejahteraan dasar; serta pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Waduh...KPK Membuka Kemungkinan Memeriksa Ketua MA

Minggu, 25 September 2022 | 15:21 WIB
X