Roy Suryo Berstatus Tersangka Diperiksa Polda Metro Jaya Selama 12 Jam, Akhirnya Lemas dan Tak Ditahan

- Sabtu, 23 Juli 2022 | 16:19 WIB
Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo usai diperiksa sebagai tersangka terkait unggahan foto stupa Candi Borobudur mirip Presiden Jokowi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat malam, 22 Juli 2022. /Dok Istimewa/
Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo usai diperiksa sebagai tersangka terkait unggahan foto stupa Candi Borobudur mirip Presiden Jokowi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat malam, 22 Juli 2022. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Pakar telematika, Roy Suryo, diperiksa sebagai tersangka dalam kasus meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo pada Jumat malam, 22 Juli 2022.

Namun, Polda Metro Jaya tak menahan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga di bawah pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Kabinet Indonesia Bersatu II itu, meski Roy Suryo telah berstatus tersangka.

''(Roy Suryo) Tidak ditahan,'' kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta dalam ketarangannya kepada wartwan, Sabtu, 23 Juli 2022.

Baca Juga: Korban Penembakan, Kini Istri Anggota TNI Didampingi Lembaga Perlindungan Saksi Korban

Zulpan menjelaskan, kondisi kesehatan Roy Suryo yang menjadi alasan tidak dilakukan penahanan. ''Ya, (alasannya) sakit,'' tambah Zulpan.

Roy Suryo telah menjalani 12 jam pemeriksaan sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya.

Roy keluar dari Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya sekitar pukul 22.20 WIB dengan kondisi lemas, dan mendapat pertolongan menggunakan kursi roda saat menuju ke mobilnya.

Baca Juga: Ancam Sebarkan Konten Pornografi, Pria Asal Brebes Dicokok Polres Kulon Progo DIY

Polisi telah menetapkan Roy Suryo sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur.

Roy Suryo dilaporkan ke Bareskrim Polri terkait dengan ujaran kebencian bermuatan SARA oleh perwakilan umat Buddha Indonesia, yang tercatat dengan nomor LP/B/0293/VI/2022/SPKT/BARESKRIM tertanggal 20 Juni 2022.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Waduh...KPK Membuka Kemungkinan Memeriksa Ketua MA

Minggu, 25 September 2022 | 15:21 WIB
X