Hendi Resmikan Jalan Ki Narto Sabdo, Bentuk Penghargaan Karyanya yang Luar Biasa

- Rabu, 29 Juni 2022 | 20:58 WIB
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, ketika memberikan keterangan pers usai meresmikan Jalan Ki Narto Sabdo. /Humas Pemkot Semarang/
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, ketika memberikan keterangan pers usai meresmikan Jalan Ki Narto Sabdo. /Humas Pemkot Semarang/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi meresmikan nama Ki Nartosabdo, sebagai salah satu nama ruas jalan di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah pada Rabu, 29 Juni 2022.

''Adanya Jalan Ki Nartosabdo ini, tidak menghilangkan Jalan Kyai H Agus Salim yang ada di Kota Semarang,'' ungkap Hendi, panggilan akrab Wali Kota Semarang, usai meresmikan nama jalan itu.

Hendi mengatakan, kedua jalan tersebut berada pada ruas jalan yang berbeda, meski menyambung.

Baca Juga: Holywings di Semarang Ditutup Ininisiatif Sendiri, Kasatpol PP: Tak Ada Pelanggaran

''Jadi untuk Jalan Ki Nartosabdo kurang lebih panjangnya sekitar 800 meteran, dari perempatan Hotel Metro sampai perempatan pekojan. Sedangkan Jalan Kyai Haji Agus Salim dari perempatan Pekojan sampai Bubakan,'' jelasnya.

Dia mengakui, pemberian nama kedua ruas jalan yang sangat ramai dalam kesehariannya dimaksudkan sebagai bentuk penghargaan kepada tokoh-tokoh nasional.

Terkait penamaan Jalan Ki Nartosabdo, Hendi menjelaskan, lantaran didasari atas peran maestro asal Kota Semarang tersebut dalam mengangkat seni budaya Jawa.

Baca Juga: Pantai di Cilacap Masih Banyak Tumpahan Minyak Mentah, Nelayan Terpaksa Tak Bisa Melaut

''Beliau memiliki karya yang sangat luar biasa di bidang seni budaya, terutama gending-gending dan pakem-pakem beliau pada saat mendalang, yang hari ini banyak ditiru junior-juniornya,'' tutur Hendi.

Di sisi lain, Hendi juga menyebutkan, apresiasi terhadap kiprah maestro asal Kota Semarang itu, juga dilakukan dengan merenovasi gedung kesenian Ki Nartosabdo di kawasan Taman Budaya Raden Saleh.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X