Awas BMKG Perkirakan Rob Masih Tinggi. Walikota Semarang Meminta Ini

- Selasa, 31 Mei 2022 | 23:38 WIB
Genangan rob yang cukup tinggi di jalan kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang Utara. /Dok Istimewa/
Genangan rob yang cukup tinggi di jalan kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang Utara. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka.com – BMKG memperingatkan masyarakat tentang ancaman banjir rob. Hal ini karena BMKG memprakirakan banjir rob masih akan melanda pesisir utara Jawa Tengah pada 30 Mei hingga 7 Juni mendatang.

Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang, Ganis Erutjahjo, mengatakan, meski diprakirakan tak separah pekan lalu, potensi banjir rob ini tetap harus diwaspadai.

"Karena saat ini masih berada pada jarak terdekat antara bumi dan bulan, maka dikhawatirkan akan berdampak pada peningkatan muka air laut," katanya.

Baca Juga: Upaya Enambalan Tanggul Laut yang Jebol Terus Diupayakan

Baca Juga: Banjir Rob Masih Lumpuhkan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pabrik Tutup, Sejumlah Kapal Tertunda Berangkat

Sementara itu mengantisipasi banjir rob lagi di Pesisir Utara Kota Semarang, terutama di Kawasan Berikat Lamicitra Nusantara, Kawasan pelabuhan Tanjung Emas, perusahaan-perusahaan yang lokasinya berbatasan dengan laut diminta untuk mengecek kondisi tembok pembatasnya.

Terutama talut atau tembok penahan gelombang yang sudah rusak akibat banjir rob beberapa waktu lalu, perlu dilihat lagi.

Permintaan itu disampaikan oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi, dengan harapan benjana banjir rob yang terjadi beberapa hari lalu tidak terulang.

"'Mumpung' rob tidak tinggi silahkan perusahaan yang talut atau temboknya berbatasan dengan laut dicecek kondisinya. Sekiranya kondisinya kurang baik, bisa segera diperkuat," jelasnya.

Ia berharap, banjir rob seperti yang terjadi pada 23 Mei 2022 tidak terulang. Menurut dia, langkah jangka panjang telah disiapkan.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Waduh...KPK Membuka Kemungkinan Memeriksa Ketua MA

Minggu, 25 September 2022 | 15:21 WIB
X