Peringati Haul Habib Thoha, Wali Kota Semarang Komitmen Bangun Wisata Religi

- Rabu, 18 Mei 2022 | 18:20 WIB
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bersama jajaran Forkompimda melepas burung merpati di Balaikota saat memperingati Haul Habib Thoha. /Dok Humas Pemkot Semarang/
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bersama jajaran Forkompimda melepas burung merpati di Balaikota saat memperingati Haul Habib Thoha. /Dok Humas Pemkot Semarang/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Sempat absen dua tahun akibat pandemi, kirab Merah Putih Kebangsaan sebagai bagian rangkaian acara memperingati Haul Habib Thoha bin Muhammad bin Yahya kembali digelar Selasa, 17 Mei 2022.

Dalam peringatan haul tersebut, Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengungkapkan, Kota Semarang beruntung karena dalam perjalanan sejarah ditinggali oleh tokoh-tokoh ulama yang luar biasa.

''Mbah Depok atau Habib Thoha, kita jadikan salah satu tetenger Kota Semarang,'' jelas Hendi, sapaan akrab Wali Kota, saat memimpim apel kirab kebangsaan di halaman Balaikota Semarang.

Baca Juga: Lin Che Wei Jadi Tersangka Baru Ekspor Minyak Goreng, Berikut Rekam Jejak Ekonom Banyak Penghargaan Ini

Menurut dia, saat ini sudah dimulai dengan pembebasan lahan di sekitar makamnya untuk tempat kuliner, UMKM dan tempat parkir, agar masyarakat yang ziarah ke tempat Habib Thoha bisa menjadi lebih nyaman dan khusyuk.

Lebih dari itu, kata Hendi lagi, makam Habib Thoha menjadi salah satu tempat destinasi wisata religi di Kota Semarang.

Ia menjelaskan, target besar Pemkot Semarang saat ini adalah untuk mengangkat pariwisata, sehingga pihaknya pun menjanjikan untuk segera merespons keluhan masyarakat mengenai kerusakan jalan di lokasi wisata.

Baca Juga: Tetapkan Lin Che Wai Jadi Tersangka Baru Ekspor Minyak Goreng, Kejakgung Periksa Lagi Tujuh Saksi

''Pasti perlu kita re-evaluasi, bagaimana pengaturan-pengaturan lalu lintas dengan baik. Kalau ada hal-hal yang membuat wisatawan tidak nyaman harus segera dilakukan evaluasi dicarikan solusinya,'' kata Hendi.

Dia juga meminta kepada masyarakat, untuk mengambil pelajaran penting dari peringatan Haul Habib Thoha bin Muhammad bin Yahya ini sebagai penguat persatuan.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X