Temukan Sapi dan Kambing Bergejala PMK, Dispertan Kota Semarang Akan Segera Cek di Laboratorium

- Kamis, 12 Mei 2022 | 19:08 WIB
Ilustrasi Dispertan Kota Semarang temukan hewan ternak bergejala PMK. /Dok Istimewa/
Ilustrasi Dispertan Kota Semarang temukan hewan ternak bergejala PMK. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Dispertan (Dinas Pertanian) Kota Semarang menemukan beberapa hewan ternak mengalami gejala PMK (penyakit mulut dan kuku).

Hal ini ditemukan Dispertan Kota Semarang saat melakukan pemantauan ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Penggaron pada Kamis, 12 Mei 2022.

Kepala Dispertan Kota Semarang, Hernowo Budi Luhur mengatakan, temuan tersebut baru gejala PMK, belum bisa dipastikan apakah benar terjangkit penyakit tersebut.

Baca Juga: Selama Lebaran 2022, Terjadi Peningkatan Penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang

''Beberapa hewan ternak itu sudah mengalami gejala PMK, yang berada di beberapa titik wilayah Kota Semarang,'' ungkap Hernowo, dalam keterangannya pada Kamis, 12 Mei 2022.

Menurut dia, lokasi hewan ternak bergejala PMK itu, ada di Mangunsari, Kecamatan Gunungpati, kemudian satu kambing dari enam ekor kambing di Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

''Ada tiga ekor sapi dan seekor kambing yang bergejala di Kota Semarang,'' bebernya.

Baca Juga: Napi Teroris Jaringan ISIS Bertaubat, Berikrar Setia kepada NKRI di Lapas Kelas II B Pati

Dia mengatakan, semua hewan ternak yang bergejala tersebut akan ditindaklanjuti segera melalui laboratorium untuk dicek.

Hernowo meminta, sebagai langkah antisipasi penyebaran virus, masyarakat yang menemukan gejala PMK agar langsung mendatangi RPH.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X