Upaya Putus Peredaran Narkoba, 11 Napi Kategori Bandar di Lapas Kelas I Semarang Dipindah ke Nusakambangan

- Rabu, 11 Mei 2022 | 18:23 WIB
Para napi kategori bandar narkoba diangkut menggunakan kapal dari Dermaga Wijayapura Cilacap ke Pulau Nusakambangan, Rabu, 11 Mei 2022. /Dok Humas Lapas Kelas I Semarang/
Para napi kategori bandar narkoba diangkut menggunakan kapal dari Dermaga Wijayapura Cilacap ke Pulau Nusakambangan, Rabu, 11 Mei 2022. /Dok Humas Lapas Kelas I Semarang/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Sebanyak 11 narapidana kategori bandar narkoba di Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Kelas I Semarang dipindah ke Lapas Highrisk Karanganyar, Nusakambangan, Cilacap, pada Rabu dini hari, 11 Mei 2022.

Kepala Lapas Kelas I Semarang, Tri Saptono Sambudji menjelaskan, pemindahan narapidana (napi) kategori bandar dan pengendali narkoba ini dilakukan, untuk mencegah dan memutus mata rantai peredaran narkoba di Lapas Semarang.

''Pemindahan para narapidana secara mendadak ini, umumnya adalah narapidana kategori bandar narkoba, yang di antaranya divonis hukuman mulai dari 5 tahun hingga 17 tahun,'' jelas Tri Saptono dalam keterangannya, Rabu, 11 Mei 2022.

Baca Juga: AirNav Semarang Mencatat 12 Balon Terbang Liar di Langit, Salah Satu Nyaris Nyangkut Sayap Pesawat

Sebelumnya, kata dia lagi, para narapidana ini mendapatkan pemeriksaan fisik dan penggeledahan, serta memastikan berkas-berkasnya untuk dipindahkan telah lengkap.

Ia menjelaskan, para narapidana kasus narkoba ini tiba di Dermaga Wijayapura, Cilacap pada Rabu, 11 Mei 2022 sekitar pukul 07.30 WIB.

Lalu, tambahnya, mereka berangkat ke Pulau Nusakambangan dengan kapal penyeberangan dan pengawalan ketat oleh enam petugas Lapas dan dua anggota Lapas.

Baca Juga: Kota Lama Dikunjungi Wisatawan Terbanyak di Jateng Selama Libur Lebaran 2022, Melebihi Candi Borobudur

''Sesampainya di Pulau Nusakambangan, mereka akan ditempatkan di Lapas Super Maximum Security Karanganyar,'' tandasnya.

Tri Saptono lebih lanjut mengatakan, pemindahan 11 narapidana ini juga bertujuan untuk meminimalisasi adanya gangguan keamanan, dan ketertiban di dalam Lapas.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Waduh...KPK Membuka Kemungkinan Memeriksa Ketua MA

Minggu, 25 September 2022 | 15:21 WIB
X