Momen Lebaran 2022, Sebanyak 20 Napi Lapas Kelas 1 Semarang Dapat Asimilasi di Rumah

- Selasa, 10 Mei 2022 | 17:20 WIB
Petugas Bapas Semarang memberikan pengarahan kepada para napi sebelum keluar Lapas Kelas I Semarang. /Dok Humas Lapas Kelas I Semarang/
Petugas Bapas Semarang memberikan pengarahan kepada para napi sebelum keluar Lapas Kelas I Semarang. /Dok Humas Lapas Kelas I Semarang/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Sebanyak 20 orang narapidana (napi) Lapas (Lembaga Pemsyarakatan) Kelas I Semarang mendapatkan asimilasi di rumah dalam momentum Idul Fitri 1443 Hijriyah pada Selasa, 10 Mei 2022.

Kalapas Kelas I Semarang, Tri Saptono Sambudji mengatakan, pelaksanaan asimiliasi di rumah sudah memenuhi syarat administratif dan substantif, sesuai Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 43 Tahun 2021.

Menurut dia, peraturan tersebut diterbitkan dalam rangka solusi untuk mengurangi over crowded di Lapas, dalam masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pasar Manyaran di Kota Semarang Terbakar, 10 Kios Ludes Dilalap Api

Ia mengatakan, Asimilasi di rumah diberikan kepada napi yang telah menjalani setengah masa pidana, dan dua pertiga masa pidananya tidak lebih dari 30 Juni 2022.

''Hari ini kita bebaskan 20 napi, untuk menjalani asimilasi di rumah,'' jelas Tri Saptono, dalam keterangan pers pada Selasa, 10 Mei 2022.

Hal ini, katanya lagi, agar napi yang hendak menjalani reintegrasi sosial, dapat menikmati momentum Lebaran bersama keluarga pada bulan Syawal.

Baca Juga: Kiper PSIS Semarang Jandia Eka Putra Diperiksa Polisi, Yoyok Sukawi: Baru Mendengar, Hormati Proses Hukum

Atas keputusan tersebut, para napi yang mendapatkan asimilasi di rumah merasa gembira, lantaran mereka dapat bertemu dengan keluarganya lagi.

''Sangat bersyukur akhirnya bisa mendapatkan asimiliasi di rumah. Jadi masih bisa merasakan suasana Lebaran bersama keluarga,'' kata Rumantoko, salah satu napi dengan kasus penggelapan dengan hukuman 1 tahun penjara.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Waduh...KPK Membuka Kemungkinan Memeriksa Ketua MA

Minggu, 25 September 2022 | 15:21 WIB
X