Diprediksi Pemudik Lebaran Melonjak, Dishub dan Polrestabes Semarang Cek Kesiapan Bus di Terminal

- Kamis, 21 April 2022 | 22:34 WIB
Petugas Dishub dan Polrestabes mengecek kesiapan bus untuk angkutan Lebaran di Terminal Penggaron, Kota Semarang. /Dok Istimewa/
Petugas Dishub dan Polrestabes mengecek kesiapan bus untuk angkutan Lebaran di Terminal Penggaron, Kota Semarang. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Dinas Perhubungan Kota Semarang bersama Satlantas Polrestabes Semarang, melakukan monitoring kesiapan angkutan Lebaran di Terminal Tipe A Mangkang dan Terminal Penggaron.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Endro P Martanto mengatakan, hal ini sebagai bentuk pengawasan untuk meningkatkan keselamatan proses perjalanan angkutan lebaran mendekati Idul Fitri tahun 2022.

''Kami lakukan kegiatan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (ramp check) terhadap AKAP dan AKDP di Terminal Penumpang Tipe A Mangkang dan Terminal Penggaron,'' kata Endro dalam keterangan pers, Kamis, 21 April 2022.

Baca Juga: Terkait Dugaan Pelanggaran Etik Wakil Ketua KPK, Dirut PT Pertamina Batal Diperiksa untuk Klarifikasi

Ia mengatakan, saat melakukan pengecekan itu, pihaknya masih menemukan sejumlah bus yang belum memenuhi kriteria keselamatan.

Di antaranya, katanya lagi, masih ada bus yang spionnya pecah hingga perizinan trayek habis masa berlakunya dan masih proses perpanjangan.

Walau begitu, dia menyebutkan, sebagian besar bus yang masuk ke Terminal Mangkang dan Terminal Penggaron Kota Semarang, sudah laik jalan dan siap untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Baca Juga: Timnas U23 Kalahkan Andong Science College dalam Uji Coba di Korsel, Irfan Jaya Sumbang Dua Gol

''Kami sudah sampaikan kepada pimpinan Terminal Tipe A Mangkang, agar mendorong armada bus untuk melengkapi hal-hal yang masih belum sesuai dengan standar, lalun segara mengecek kembali di kemudian hari,'' tandasnya.

Endro memperkirakan, tahun ini masyarakat yang mudik menggunakan angkutan darat cukup siginifkan, setelah pada tahun sebelumnya ada larangan mudik saat pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Waduh...KPK Membuka Kemungkinan Memeriksa Ketua MA

Minggu, 25 September 2022 | 15:21 WIB
X