Menjelang Ramadan, Bagaimana Harga Sembako di Kota Semarang? Ini Kabarnya

- Senin, 14 Maret 2022 | 23:44 WIB
Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Nur Kholis. (suaramerdeka.com/dok)
Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Nur Kholis. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com – Semakin mendekati Ramadan, harga sejumlah komoditas sembilan kebutuhan pokok (Sembako) di Kota Semarang terus meroket. Selain minyak goreng yang makin langka, harga cabai yang naik, harga telur juga ikut-ikutan meroket.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Nur Kholis, menyampaikan, informasi kenaikan harga-harga kebutuhan pokok tersebut didapatkan dari pantauan dan laporan para kepala pasar tradisional di Kota Semarang.

Adapun beberapa kenaikan harga sembako tersebut, berdasarkan Sistem Informasi Harga dan Produksi Komoditi (Sihati), antara lain bawang putih jenis kating naik dari harga sebelumnya Rp30 ribu/kilogram menjadi Rp32 ribu/kilogram.

Harga daging ayam juga naik yang semula Rp33,5 ribu/kilogram naik menjadi Rp34 ribu/kilogram. Begitupun telur ayam juga naik.

Baca Juga: Raih Penghargaan Kelima dari Kementerian PAN RB, Hendi: Ini Milik Seluruh Sedulur Kota Semarang

"Untuk telur ayam, ada kenaikan dari sebelumnya di harga Rp18 ribu/kilogram menjadi Rp22 ribu/kilogram.’’ Jelasnya.

Untuk mengantisipasi agar harga tidak mengalami kenaikan yang terlalu tinggi, kami akan melakukan koordinasi tingkat sektor untuk melakukan pemantauan. ‘’Kegiatan pantauan ini biasanya juga dilakukan bersama TNI/Polri," ujar dia, Senin, 14 Maret 2022.

Pihaknya pun, kata dia, akan memantau distribusi barang dan harga di tingkat distributor. Hal ini, lanjutnya, untuk mengetahui pokok permasalahan sebenarnya ada di mana, apakah di tingkat distributor atau di bawahnya.

Sejauh ini, tambah Nur Kholis, meski mengalami kenaikan harga, namun sejauh ini ketersediaan barang atau stok sembako masih tergolong aman.

Khusus untuk menekan harga minyak goreng di pasar, pihaknya hampir setiap hari melakukan operasi pasar.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X