Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022, Polda Jateng Siapkan 2.577 Personel

- Selasa, 1 Maret 2022 | 20:28 WIB
Apel gelar pasukan di Mapolda Jateng menandai pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022. /Dok Humas Polda Jateng/
Apel gelar pasukan di Mapolda Jateng menandai pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022. /Dok Humas Polda Jateng/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Polda (Kepolisian Daerah) Jateng menyiapkan 2.577 personel untuk melaksanakan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2022 yang berlangsung pada 1-14 Maret 2022.

Sebelum melaksanakan operasi tersebut, dilaksanakan Apel Gelar Pasukan yang berlangsung di Lapangan Mapolda Jateng, Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Selasa pagi, 1 Maret 2022.

Irwasda (Inspektur Pengawas daerah) Polda Jateng, Kombes Pol Untung Sudarto memaparkan, dalam operasi tersebut, tindakan yang dilakukan adalah upaya preventif dan preemtif secara humanis.

Baca Juga: Nekat Tak Mau Masuk ke Terminal Mangkang Kota Semarang, 17 Agen Bus Ditertibkan Petugas Gabungan

''Kita juga kedepankan aspek edukasi masyarakat dan memaksimalkan upaya memutus rantai penyebaran Covid-19,'' papar Untung, usai memimpin upacara tersebut.

Sementara, Dirlantas (Direktur Lalu Lintas) Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryonugroho menambahkan, operasi dilaksanakan sebagai upaya cipta kondisi menghadapi Operasi Ketupat, yang rencananya digelar beberapa pekan ke depan.

''Yang jelas, operasi tersebut bertujuan mengurangi angka laka lantas, termasuk pelanggaran, memutus rantai Covid-19, serta menciptakan lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar, khususnya di wilayah hukum Polda Jateng,'' ungkap Agus.

Baca Juga: Terjebak di Ajang Pertempuran Darat, Sebanyak 13 WNI Belum Bisa Dievakuasi dari Ukraina Utara

Agus menandaskan, meski nantinya personel yang terlibat operasi melakukan kegiatan melalui upaya preventif dan preemtif, apabila dalam penugasan rutin tetap dilakukan penindakan terhadap pengemudi yang melanggar aturan lalu lintas.

Menurutnya, penindakan konvesional terhadap pelanggar lalu lintas melalui tilang akan dikurangi, dan lebih mengedepankan tindakan melalui upaya preventif dan preemtif serta imbauan edukatif.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Waduh...KPK Membuka Kemungkinan Memeriksa Ketua MA

Minggu, 25 September 2022 | 15:21 WIB
X