Empat Warga Terpapar Covid-19 Varian Omicron, Ini Pesan Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang

- Jumat, 21 Januari 2022 | 18:35 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M Abdul Hakam. /Dok Istimewa/
Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M Abdul Hakam. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M Abdul Hakam menyatakan, ada empat orang warga yang positif terpapar Covid-19 varian Omicron.

''Virus ini dibawa oleh satu orang yang baru pulang dari luar negeri,'' kata Hakam kepada wartawan pada Jumat, 21 Januari 2022.

Menurut dia, awalnya sudah melakukan karantina selama tujuh hari di Wisma Atlet Jakarta dan dinyatakan negatif setelah dua kali tes PCR.

Baca Juga: Waspada dan Taat Prokes Bro, Covid-19 Varian Omicron Sudah Mulai Memasuki Jateng!

Namun, tambahnya lagi, setiba di Semarang pasien tersebut kembali melakukan PCR dan dinyatakan positif Covid-19.

Dikatakan, karena pasien tersebut memiliki CT Value di bawah 30, maka diambil sampel untuk dilakukan uji WGS (whole genome sequencing) untuk mendeteksi varian virus yang menyerang.

''Ternyata, dari 25 sampel WGS yang diperiksa, ada empat orang dinyatakan positif Omicron dan sisanya adalah varian Delta,'' tandasnya.

Baca Juga: Musnahkan Obat Ilegal dan TMK, BBPOM Semarang Berharap Masyarakat Ikut Awasi Peredarannya

Hakam mengatakan, tiga orang ini adalah lini pertama dari orang yang bepergian ke luar negeri yakni istri, anak dan kakaknya.

''Jadi, total ada empat orang positif Covid-19, tapi yang tiga ini tidak bergejala dan semuanya melakukan isolasi mandiri,'' ungkapnya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X