Gempa di Kota Salatiga dan Sekitarnya, Satpol PP Catat Tak Ada Kerusakan Berarti

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 14:25 WIB
Satpol PP Kota Salatiga berpatroli mengunjungi objek-objek vital. /Dok. Istimewa/
Satpol PP Kota Salatiga berpatroli mengunjungi objek-objek vital. /Dok. Istimewa/

SALATIGA, suaramerdeka-wawasan.com - Satpol PP Kota Salatiga mencatat tidak ada kerusakan berarti yang dialami masyarakat akibat gempa yang mengguncang Kota salatiga dan sekitarnya, Sabtu, 23 Oktober 2021.

"Alhamdulillah, tidak kita temukan kerusakan baik bangunan milik warga maupun obyek vital di Salatiga," kata Kepala Satpol PP Kota Salatiga, Joko Haryono, Minggu, 24 Oktober 2021.

Seperti diketahui, gempa berkekuatan magnitude 3,0. mengagetkan warga Kota Salatiga dan sekitarnya di Banyubiru, Bawen dan Ambarawa di Kabupaten Semarang.

Baca Juga: Sekadar Iseng Sering Unggah Konten di Medsos, Abigail Gusmawan Berubah Jadi Selebgram

Gempa pertama kali terjadi sekitar pukul 00.32 WIB, dan tercatat telah terjadi sebanyak 14 kejadian.

Kepala Bidang mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono mengatakan, berdasarkan peta tingkat guncangan (shake map) dampak gempa berupa guncangan dirasakan di Ambarawa, Salatiga, Banyubiru, dan Bawen dalam skala intensitas II MMI.

Guncangan yang tidak sampai menimbulkan korban jiwa ini, diduga aktivitas sesar Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Itu Gratis Lur, Kalau Ada yang Nawari Bayar Berarti Penipuan

Sementara itu Kepala Satpol PP Kota Salatiga Joko Haryono mengatakan, pihaknya mengumpulkan data kerusakan untuk dilaporkan ke BPBD Jawa Tengah untuk diteruskan ke BMKG.

Joko mengungkapkan, pengumpulan data dirangkum dalam kegiatan patroli Satpol-PP ke sejumlah titik yang ada di empat kecamatan di Salatiga.

Hasil sementara, sambung Joko lagi, tidak ada kerusakan dan sejauh ini masyarakat hanya merasakan getaran-getaran kecil.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X