Tak Penuhi Standar dan Sepi Peminat, Tujuh Perguruan Tinggi di Solo Ditutup

- Selasa, 29 Juni 2021 | 19:34 WIB
Sekretaris LLDIKTI VI Jawa Tengah /Dokumentasi/WhatsApp
Sekretaris LLDIKTI VI Jawa Tengah /Dokumentasi/WhatsApp

KARANGANYAR, suaramerdeka-wawasan.com - Ada tujuh perguruan tinggi swasta (PTS) di Kota Solo yang ditutup/dimerger tahun ini. Sehingga, dari 12 PTS sekarang tinggal lima.

"Untuk nama perguruan tinggi tidak Ä·ami rilis resmi yah, karena efek psikologis alumni dan lulusan," kata Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI (LLDIKTI VI) Jawa Tengah Dr Lukman ST, melalui pesan singkat Whats App, Selasa (29/6/2021).

Menurut dia, ada beberapa alasan kenapa perguruan tinggi harus ditutup atau dimerger.

Pertama, tidak memenuhi ketentuan standar nasional pendidikan tinggi yang mencakup sarana, sumber daya manusia (SDM), dan mahasiswa. Kedua, sudah tidak terakreditasi.

Kedua, sudah tidak ada peminatnya. "Jadi, kalau perguruan tinggi sudah seperti itu, kalau tidak ditutup, ya akan dimerger," tandas dia.

Lebih lanjut Lukman mengatakan, tahun ini perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang sudah keluar izin operasional penutupan secara resmi ada 13 PTS. Jadi total PTS di Jawa Tengah, sampai hari ini tinggal 237 PTS dari sebelumnya 250 PTS.

"Dan sekarang, kita masih menunggu 20 perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah yang sedang dalam proses penutupan," urainya.

Editor: Eddy Tuhu

Sumber: Karanganyarnews.com

Tags

Terkini

X