Ada 85 Kasus Akun CPD Terpental di PPDB Online SMA, Disdikbud Jateng Janji Akan Kembalikan Haknya

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 23:02 WIB
Ilustrasi PPDB online. /Dok Istimewa/
Ilustrasi PPDB online. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jateng mencatat, ada 85 kasus calon peserta didik (CPD) yang akunnya terpental dari sekolah pilihan, padahal berhak masuk.

Seperti disiarkan akun Instagram resmi @pdkjateng berupa video penjelasan, terhadap kasus ini Disdikbud Provinsi Jateng berjanji akan mengembalikan hak calon peserta didik.

Dalam video itu juga disebutkan, ada 85 kasus penyalahgunaan akun oleh oknum, dan hal itu ditegaskan bukan merupakan peretasan atau perbuatan hacker.

Baca Juga: Kasus PPDB Online, Kepala Sekolah SMAN 1 Batang: Lima Siswa Tunggu Petunjuk Disdikbud Jateng

''Banyak CPD yang lalai mengamankan akun, sehingga terjadi penyalahgunaan akun oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya banyak CPD yang awalnya diterima justru tergeser oleh oknum, tercatat ada 85 kasus.

Namun Pemprov Jateng memastikan tidak ada yang dirugikan karena CPD yang memenuhi syarat akan dikembalikan haknya (diterima),'' tulis @pdkjateng dalam keterangan di video yang diunggah pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, Uswatun Hasanah, dalam video itu menjelaskan, tidak ada peretasan seperti dugaan awal, serta tidak ada masalah dalam sistem.

Baca Juga: Terkait Kasus PPDB Online di SMAN 1 Batang, Polisi Gandeng Ahli IT Dalami IP Address Pengubah Data

''Sejak dalam masuknya akun, diaktivasi dan lainnya, semua ada rekamannya jadi kami bisa menyajikan data semuanya bahwa tidak ada yang namanya hacker. Kalau secara sistem tidak ada masalah, sudah settle tidak ada masalah.

Yang jadi masalah kehati-hatian di dalam menggunakan password. Ketidakhati-hatian menjaga password karena mungkin tidak berfikir secara jangka panjang,'' kata Uswatun..

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X