Kasus PPDB Online, Kepala Sekolah SMAN 1 Batang: Lima Siswa Tunggu Petunjuk Disdikbud Jateng

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 11:17 WIB
Ilustrasi SMAN 1 Batang. /Dok Istimewa/
Ilustrasi SMAN 1 Batang. /Dok Istimewa/

BATANG, suaramerdeka-wawasan.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah, akhirnya mengubah keputusan terkait nasib calon siswa yang namanya hilang mendadak saat detik-detik penutupan PPDB online SMAN 1 Batang.

Kepala SMAN 1 Batang, Sukalim mengatakan, hak para siswa yang terpental dari jurnal PPDB online 2022 dipulihkan, berdasarkan rapat yang digelar di Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Sekalim, rapat itu melibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah, Ombudsman RI, pihak Telkom dan Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Terkait Kasus PPDB Online di SMAN 1 Batang, Polisi Gandeng Ahli IT Dalami IP Address Pengubah Data

''Keputusannya ada dua hal pokok, yaitu pertama Calon Peserta Didik (CPD) harus dikembalikan haknya. Lalu, ini bukan masalah ranah hukum, tapi masalah administratif,'' kata dia dalam keterangannya Jumat, 8 Juli 2022.

Ia menyebut, ada lima siswa yang dikembalikan, meski sebelumnya ada sembilan siswa yang terpental dari jurnal detik-detik penutupan PPDB online SMAN 1 Batang.

Sukalim mengatakan, dari sembilan calon siswa itu, delapan siswa mengadu secara resmi dan satu tidak mengadu.

Baca Juga: Orangtua CPD di PPDB online SMAN 1 Batang Lapor Polisi, Sekolah Dipasang Spanduk Kekecewaan

Ia pun merinci, dari delapan siswa yang melapor, satu orang sudah diterima di SMAN 3 Pekalongan dan dua siswa sudah tertangani, sedangkan sisanya yang lima orang belum tertampung.

Ia mengatakan, kelima siswa itu tidak serta merta otomatis diterima, namun pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari Disdikbud Jateng.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X