Terkait Kasus PPDB Online di SMAN 1 Batang, Polisi Gandeng Ahli IT Dalami IP Address Pengubah Data

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 08:14 WIB
Orangtua siswa melaporkan ke Polres Batang atas kasus PPDB online di SMAN 1 Batang. /Dok Istimewa/
Orangtua siswa melaporkan ke Polres Batang atas kasus PPDB online di SMAN 1 Batang. /Dok Istimewa/

BATANG, suaramerdeka-wawasan.com - Polisi mendalami dugaan satu IP address yang mengubah data sembilan calon siswa, atas laporan orangtua calon siswa SMAN 1 Batang dalam PPDB online.

''Hasil keterangan dari orangtua, memang disebutkan ada IP address yang sama, sengaja mengubah data, sehingga merugikan anak-anaknya.

Ini, sedang kami dalami IP itu,'' kata Kasat Reskrim Polres Batang, AKP Yorisa Prabowo, dalam keterangan kepada wartawan, Jumat, 8 Juli 2022.

Baca Juga: Orangtua CPD di PPDB online SMAN 1 Batang Lapor Polisi, Sekolah Dipasang Spanduk Kekecewaan

Yorisa mengungkapkan, pihaknya telah meminta keterangan orangtua anak yang namanya hilang dari jurnal PPDB SMAN 1 Batang, dan akan menggandeng ahli IT untuk mengusut kasus ini.

''Semua keterangan, sekecil apapun akan kita tindaklanjuti, termasuk adanya IP yang dicurigai,'' kata dia.

''Apakah itu hacker, atau siapapun orang yang sengaja disewa oleh seseorang, nanti ada titik temunya, masih kita lanjuti,'' imbuhnya.

Baca Juga: Sembilan Calon Siswa PPDB Online SMAN 1 Batang Tak Ditampung, Disdik Persilakan Tempuh Jalur Hukum

Sementara itu Dinas Pendidikan Jawa Tengah menelusuri kasus hilangnya sembilan nama calon peserta didik, yang lolos jalur zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online SMAN 1 Batang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, Uswatun Hasanah, mengatakan, nasib sembilan orang itu ditentukan pada Senin, 11 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X