Terkait Nama Calon Siswa Hilang di PPDB Online, Begini Penjelasan Gubernur Jateng

- Rabu, 6 Juli 2022 | 22:14 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. /Dok Istimewa/
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. /Dok Istimewa/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, sampai saat ini evaluasi PPDB online SMA terus dilakukan, terkait temuan laporan yang muncul dari orangtua soal isu hacker.

''Setelah kita klarifikasi ternyata bukan hacker. Tapi ada satu sekolah yang passwordnya dibuatin sama semua,'' ungkap Ganjar, usai menerima Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di kantornya pada Rabu, 6 Juli 2022.

Menurut Ganjar, cara tersebut dipilih oleh sejumlah sekolah, untuk memudahkan orangtua dan calon peserta didik (CPD) saat melakukanaktivasi akun.

Baca Juga: Hasil Uji Sampel BPOM Semarang, Ditemukan Kerupuk Gunakan Pewarna Berbahaya di Batang

Hanya saja, katanya lagi, pemilik akun sebenarnya atau CPD tidak langsung mengubah password.

Akibatnya, lanjut Ganjar, ada oknum yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk masuk ke akun CPD lain, dan mengubah data yang telah dimasukkan.

''Ini ada data dari telkom yang membantu kita, ternyata bisa kita trace dan dipastikan ternyata tidak ada hack tapi karena passwordnya ketahuan,'' tegasnya.

Baca Juga: Merasa Posisi Aman saat Pendaftaran Ditutup, Sembilan Nama Calon Siswa PPDB Online SMAN 1 Batang Menghilang

Sementara itu evaluasi lain terkait kuota kosong di beberapa sekolah, Ganjar mengatakan akan menunggu sampai akhir proses PPDB pada hari terakhir pendaftaran ulang, Kamis, 7 Juli 2022.

''Kita tunggu sampai besok apakah akan full, mereka bisa masuk ke pendaftaran ulang, kalau tidak ada yang masuk, ya saya sarankan diisi,'' jelasnya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X