PPDB SMA dan SMK di Jateng Mulai Dibuka Secara Online, Ganjar: Jaga Integritas, Nggak Usah Titip Titip

- Rabu, 15 Juni 2022 | 21:57 WIB
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berdialog dengan siswa saat peresmian SMAN Tawangmangu, sekaligus membuka PPDB online pada Rabu, 15 Juni 2022. /Humas Pemprov Jateng/
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, berdialog dengan siswa saat peresmian SMAN Tawangmangu, sekaligus membuka PPDB online pada Rabu, 15 Juni 2022. /Humas Pemprov Jateng/

KARANGANYAR, suaramerdeka-wawasan.com - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Negeri di Jateng, resmi dibuka secara online mulai Rabu, 15 Juni hingga 28 Juni 2022 mendatang.

Pembukaan PPDB dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat meresmikan SMAN Tawangmangu, Karanganyar pada Rabu, 15 Juni 2022, sekaligus memantau langsung proses PPDB di sekolah itu.

''PPDB sudah kita mulai, silakan anak-anak bisa mendaftar. Hari ini saja, sudah 1.300-an yang mendaftar secara online,'' katanya.

Baca Juga: Kasus Covid 19 per 15 Juni 2022 Meningkat, Satgas Ingatkan Masyarakat Tetap Jaga Protokol Kesehatan

Ia berpesan kepada orangtua dan siswa untuk menjaga integritas, karena semua proses harus dilakukan dengan baik dan benar tanpa ada kecurangan.

''Mari kita dampingi anak-anak kita, jaga integritas dan nggak usah titip-titip. Lakukan semuanya dengan benar, sehingga anak merasa layak belajar di sekolah itu,'' tegasnya.

Menurut Ganjar, dalam PPDB SMA/SMK Negeri tahun ini, semua layer sudah disiapkan.

Baca Juga: Ranking FIFA Terendah di Piala Asia 2023, Shin Tae Yong Siap Cetak Sejarah Bawa Timnas Lolos ke Fase Gugur

Untuk SMA, katanya, ada jalur zonasi sebanyak 55 persen, jalur prestasi 20 persen, jalur afirmasi 20 persen, yang terdiri dari siswa miskin 13 persen.

Selanjutnya, anak tenaga kesehatan 3 persen, anak panti 2 persen dan anak yatim/piatu akibat Covid-19 sebanyak 2 persen. Selain itu, ada juga jalur perpindahan orang tua sebesar 5 persen.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X