Mahasiswa UGM Ciptakan Mobil Balap Bimasakti, Bakal Diterbangkan ke Belanda di Ajang Student Formula

- Senin, 16 Mei 2022 | 16:17 WIB
Ketua Kagama, Ganjar Pranowo, melihat mobil balap Formula 1 Bimasakti hasil karya mahasiswa UGM Yogyakarta. /Dok Humas Pemprov Jateng/
Ketua Kagama, Ganjar Pranowo, melihat mobil balap Formula 1 Bimasakti hasil karya mahasiswa UGM Yogyakarta. /Dok Humas Pemprov Jateng/

YOGYAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, berhasil membuat mobil balap Formula 1 yang diberi nama Bimasakti.

Hasil karya anak bangsa di bidang inovasi dan kreasi teknologi berupa mobil balap tersebut, 90 persen menggunakan komponen buatan sendiri.

Rencananya, pada Juli 2022 nanti, mobil balap Bimasakti akan dibawa terbang ke Belanda untuk mengikuti Student Formula, di mana UGM menjadi wakil dari Indonesia di ajang tersebut.

Baca Juga: Parade Waisak 2556 BE Berlangsung Meriah, Ribuan Orang Padati Sepanjang Jalan dari Candi Mendut ke Borobudur

Ketua Tim Bimasakti, Aditya mengungkapkan, ajang Student Formula ini adalah perlombaan keteknikan antarmahasiswa dari berbagai negara.

"Yang dilombakan adalah rancang bangun mobil, kecepatan mobil, performance dan dari segi bisnis,'' paparnya.

Selain di Belanda, Aditya menjelaskan, ada berbagai perlombaan yang seharusnya bisa mereka ikuti, seperti di Austria, Belanda dan Hungaria.

Baca Juga: Antisipasi Gangguan Keamanan saat Perayaan Waisak, Polres Semarang Jaga 30 Vihara di Wilayahnya

Namun, katanya lagi, adanya keterbatasan dana membuat Tim Bimasakti lebih memilih untuk mengikuti perlombaan di Belanda.

Ketua Kagama (Keluarga Alumni Gajah Mada), Ganjar Pranowo, yang berkesempatan melihat kreasi dan inovasi para anak bangsa ini, mengapresiasi dan memberikan penilaian bahwa mobil balap buatan para mahasiswa UGM ini keren.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X