Rektor Untag: Seorang Pemimpin Harus Punya Komitmen, Integritas dan Kejujuran, serta Punya Wawasan ke Depan’

- Kamis, 21 April 2022 | 13:04 WIB
Rektor Untag Semarang, Prof Dr Suparno MSi bersama Dekan Fakultas Hukum Prof Dr Edy Lisdiyono SH MHum berfoto bersama Tim Kairul-DNA di Rektorat kampus setempat. (Didik SP)
Rektor Untag Semarang, Prof Dr Suparno MSi bersama Dekan Fakultas Hukum Prof Dr Edy Lisdiyono SH MHum berfoto bersama Tim Kairul-DNA di Rektorat kampus setempat. (Didik SP)

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com – Seorang yang ingin sukses memimpin sebuah organisasi harus mampu membangun kebersamaan dalam organisasi itu, selain memiliki kemampuan teknis secara personal.

Penilaian ini disampaikan oleh Rektor Untag Semarang, Prof Dr Suparno MSi saat menerima kunjungan bakal calon ketua umum DPC Peradi Kota Semarang, Kairul Anwar dan calon sekretaris, Dwi Nuryanto Ahmad di Rektorat Untag, Rabu, 20 April 2022.

‘’Keberhasilan seseorang dalam memimpin sebuah organisasi, dalam hal ini Peradi, adalah bagaimana dia membangun kebersamaan dengan anggota yang lain. Hal ini karena setiap manusia memiliki Nalar, Narasi dan Nurani yang berbeda.’’

Baca Juga: Gus In'am: Tanamkan Al Quran ke Anak anak Sejak Usia Dini

‘’Sehingga seorang pemimpin harus punya kemampuan untuk membangun kebersamaan menyatukan yang berbeda ini menjadi sebuah kekuatan,’’ kata Rektor.

Jika punya kemampuan membangun kebersamaan ini, kata Suparno, secara personal, seorang pemimpin harus punya ‘Komitmen, Integritas dan Kejujuran, serta punya Wawasan ke depan’.

‘’Tanpa Integritas dan kejujuran seorang pemimpin sulit untuk membangun keberlangsungan organisasinya. Dia juga harus punya komitmen, dan juga wawasan dalam membangun organisasi ke depan,’’ jelasnya.

Makanya, lanjutnya, seorang pemimpin butuh visi dan misi ke depan untuk membawa organisasi ini mau dibawa kemana. ‘’Sampaikan visi dan misi itu,’’ kata Rektor lagi.

Namun, untuk bisa sukses dalam pemilihan, seseorang harus memiliki tiga hal penting, tanpa itu, kata Suparno sulit untuk bisa menembus kursi organisasi.

Ketiga hal tersebut adalah ‘Mau, Mampu dan Boleh’. Ketiga hal ini, merupakan bagian terpenting dari seorang pemimpin untuk sukses masuk organisasi.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X