Fasilitasi Pendidikan Anak Anak PMI di Sarawak, KJRI Kuching Berikan Beasiswa untuk Lanjutkan Sekolah

- Kamis, 3 Maret 2022 | 10:24 WIB
Konjen RI, Raden Sigit Witjaksono, di KJRI Kuching melepas anak anak PMI yang mendapat beasiswa untuk melanjutkan sekolah. /Dok Humas KJRI Kuching/
Konjen RI, Raden Sigit Witjaksono, di KJRI Kuching melepas anak anak PMI yang mendapat beasiswa untuk melanjutkan sekolah. /Dok Humas KJRI Kuching/

KUCHING, suaramerdeka-wawasan.com - KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) Kuching memfasilitasi pendidikan anak-anak Indonesia yang mayoritas orangtuanya merupakan PMI (Pekerja Migran Indonesia) di Sarawak, negara bagian Malaysia.

Koordinator Fungsi Pensosbud KJRI Kuching, Edelin mengatakan, upaya ikut mencerdaskan kehidupan bangsa itu dilakukan dengan mendirikan CLC (Community Learning Centre) untuk anak-anak PMI yang mayoritas bekerja di perkebunan sawit.

''Saat ini dari upaya yang dilakukan KJRI Kuching terdapat 63 CLC di seluruh Sarawak guna diberikan akses pendidikan anak-anak PMI usia 7–12 tahun,'' jelas Edelin dalam keterangan pers, Kamis, 3 Maret 2022.

Baca Juga: Presiden Percaya dengan PSSI Soal Pemain Naturalisasi, Tapi Jangan Lupakan Pembinaan

Menurutnya, KJRI Kuching untuk memfasilitasi pendidikan anak-anak PMI itu, juga bekerja sama dengan Yayasan Sarawak Bridge dan beberapa lembaga pendidikan di Indonesia, dalam program Beswan Repatriasi 2021/2022.

Diharapkan, sambung Edelin lagi, dengan memberikan dan menyalurkan beasiswa kepada anak-anak CLC, agar dapat melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi di Indonesia.

Ia mengatakan, saat ini terdapat enam anak yang berasal dari empat CLC yang mendapat beasiswa, dengan rincian dari CLC Lambir dan Pinang masing-masing seorang anak, serta CLC Wilmar Segarmas dan Melur Gemilang, juga masing-masing dua anak.

Baca Juga: Daud Yordan Positif Covid 19, Digantikan Ongen Saknosiwi Lawan Panya Uthok dalam Perebutan Gelar

''Enam anak-anak yang mendapatkan beasiswa di tingkat SMK tersebut, sudah diberangkatkan pada 1 Maret 2022 lalu untuk bersekolah di SMK Laniang Makassar,'' imbuh Edelin.

Lebih lanjut dikatakan, jumlah total anak CLC yang mendapatkan beasiswa untuk tahun 2021/2022 sebanyak 21 anak, dengan rincian tingkat SMP enam anak, dan tingkat SMA/SMK 15 anak, yang akan meneruskan pendidikan di sekolah-sekolah mitra di Indonesia, termasuk SMK Laniang.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X