Rencana Sekolah Tatap Muka, Satgas Covid-19: Kesehatan dan Keamanan Siswa Harus Diprioritaskan

- Sabtu, 5 Juni 2021 | 15:52 WIB
Ilustrasi sekolah tatap muka. Simak daftar sekolah di Jawa Tengah yang ikut serta uji coba Sekolah Tatap Muka (STM). /Antara Foto/Anas Padda
Ilustrasi sekolah tatap muka. Simak daftar sekolah di Jawa Tengah yang ikut serta uji coba Sekolah Tatap Muka (STM). /Antara Foto/Anas Padda

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Kegiatan sekolah tatap muka direncanakan dimulai pada Juli 2021.

Hal ini setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim meminta hal tersebut dilakukan.

Keinginan dari Nadiem ini pun mendapat respon dari Satgas Covid-19.

Dikatakan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito, pemerintah melalui Kemendikbud Ristek telah meluncurkan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka di masa pandemi COVID-19.

Ia menjelaskan, panduan ini diperuntukkan bagi Pendidikan Anak Usia Dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah (PAUDdikdasmen).

Panduan ini merupakan alat bantu bagi guru dan tenaga kependidikan, dalam memudahkan persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas.

''Perlu diingat, bahwa seluruh pihak yang berpartisipasi harus bertanggung jawab dari awal sampai akhir alur kegiatan belajar mengajar, termasuk siap mengerem jika ditemukan kasus baru di lingkungan pendidikan,'' papar Wiku saat konfrensi pers di Graha BNPB Jakarta, Jumat, 4 Juni 2021.

Sebelum penyelenggaraannya, pemerintah daerah harus memastikan bahwa kesehatan, keselamatan dan keamanan siswa menjadi prioritas utama.

Dalam penyelenggaraannya kelak, sekolah tatap muka dan sekolah daring bisa dikombinasikan agar kesehatan dan keselamatan warga pendidikan dapat terus menjadi prioritas.

Masih berkaitan, pemerintah terus melakukan upaya masif dalam melakukan vaksinasi terhadap guru dan tenaga pendidik.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X