Tatap Muka Belajar, Jangan Lengah, Covid Masih Gentayangan

- Sabtu, 29 Mei 2021 | 22:42 WIB
Siti Farida
Siti Farida
SM Wawasan Guna mengantisipasi penyebaran covid 19 saat pembelajaran tatap muka dimulai pada Juli 2021, ombudsman meminta pihak sekolah menyusun aturan SOP (Standar Operasional Prosedur) penanganan covid-19.
 
Kepala Perwakilan Ombudsman Jateng, Siti Farida menyatakan pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tatap muka proses belajar di Jawa Tengah mulai awal.
 
''Ini kami lakukan untuk mengantisipasi penyebaran covid. Kami akan berusaha membantu penanganan covid-19. Yang terpenting saat tatap muka belajar, jangan lengah. Covid masih mengancam,''ungkap Siti Farida dalam keterangannya, Sabtu, 29 Mei 2021.
 
Menurutnya, pihak sekolah wajib melakukan pengawasan pada siswanya secara ketat. Kini Pemprov Jateng masih berjuang menurunkan angka kematian warganya akibat terpapar covid-19. 
 
"Kesehatan dan keselamatan masyarakat hal yang paling utama,''tegasnya.
 
Selain itu,  Ombudsman juga akan memantau proses seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sampai ke tingkat daerah. Sejauh ini ia menemukan beragam masalah implementasi pada aturan zonasi dan besaran kuota siswa yang tidak bisa dipahami oleh sekolah.
 
Ia juga mengendus adanya potensi pungutan liar, adanya perilaku masyarakat yang belum paham saat mendaftar PPDB secara online dan jadwal pelaksanaan PPDB yang tidak jelas.
 
"Kita sebagai pengawas pelayanan publik perlu memastikan pelayanan pendidikan dapat dilaksanakan dan diterima dengan baik oleh masyakarat," jelasnya.
 
 
Ia berharap agar pihak sekolah melibatkan peran orang tua murid saat menyusun SOP COVID-19 agar PTM dapat berjalan lancar. "Kami berharap pemda benar-benar siap dalam pelaksanaan PTM dengan memperhatikan ketentuan yang berlaku," tambahnya.
 
 

Editor: Kusmiyanto

Sumber: Ombudsman Jateng

Tags

Terkini

X