Juara Dunia 2022 Meski Finish di Posisi Ke-9 di MotoGP Valencia, Begini Perjalanan Karier Francesco Bagnaia

- Minggu, 6 November 2022 | 22:33 WIB
Francesco Bagnaia dirangkul anggota timnya
Francesco Bagnaia dirangkul anggota timnya

VALENCIA, suaramerdeka-wawasan.com – Seperti sudah diprediksikan sebelumnya, Francesco Bagnaia sukses merebut gelar Juara Dunia MotoGP 2022, meski gagal finish sebagai juara di seri terakhir GP Valencia.

Dalam balapan di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia ini, Bagnaia hanya finish di posisi ke-9 namun itu cukup mengantarkannya jadi juara dunia karena ia hanya butuh tambahan tiga poin untuk memastikan gelarnya.

Bagnaia, sudah diprediksi bakal menuai sukses sejak pertama kali ia merebut gelar juara seri di MotoGP Aragon tahun 2021.

Baca Juga: Alex Rins Menangi MotoGP Valencia, Tapi Bagnaia Juara Dunia 2022 Meski Hanya Finish ke-9

Ia yang bertarung dengan senior sekaligus pemegang enam gelar juara dunia, Marc Marquez (Repsol Honda) sukses menaklukkan Sirkuit Ciudad del Motor Aragon, sebagai juara.

Ya, balapan di Aragon 12 September 2021 itu menjadi titik balik prestasi pembalap kelahiran, Turin 14 Januari 1997 lalu itu.

Bukan hanya titik balik baginya, kemenangan tersebut juga menjadi titik balik buat Ducati. Sebab, ia menjadi pembalap pertama yang juara di Aragon setelah satu dekade tak ada pembalap Ducati yang bisa juara di Aragon.

Kali terakhir Ducati meraih podium pertama di Aragon adalah oleh Casey Stoner pada balapan di musim 2010.

Bukan hanya itu, sejak 2009 Valentino Rossi merebut gelar juara, inilah untuk pertama kalinya pembalap Italia juara lagi di kelas Premier.

Baca Juga: Siapa Yang Bakal Juara Dunia MotoGP 2022, Pecco Bagnaia atau Fabio Quartararo. Ini Peluangnya

Saat Pecco menjadi juara dunia 2022, ini juga menjadi hari bersejarah bagi Ducati karena untuk pertama kalinya Ducati yang ditunggangi pembalap Italia sukses menjadi juara dunia.

Pabrikan motor asal Italia, Ducati memang begitu fanatik dan nasionalisme dengan negaranya.

Bahkan, sejak turun di MotoGP pada 2003 selalu tidak ketinggalan ada pembalap Italia di skuad Ducati pabrikan.

Banyak orang yang menyebut, Pecco adalah salah satu anak didik terbaik Valentino Rossi. Hanya dalam tempo empat musim, sejak masuk kelas premier ia langsung mampu juara.

Francesco Bagnaia memang satu dari tiga murid Valentino Rossi yang membalap di kelas MotoGP. Selain Bagnaia, murid Rossi lainnya adalah Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan adik tiri Rossi, Luca Marini (Esponsorama Racing).

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X