Alex Rins Menangi MotoGP Valencia, Tapi Bagnaia Juara Dunia 2022 Meski Hanya Finish ke-9

- Minggu, 6 November 2022 | 22:20 WIB
Tiga pembalap podium di MotoGP Valencia dari kiri Brad Binder, Alex Rins, Jorge Martin,
Tiga pembalap podium di MotoGP Valencia dari kiri Brad Binder, Alex Rins, Jorge Martin,

VALENCIA, suaramerdeka-wawasan.com – Seri pamungkas MotoGP 2022, MotoGP Valencia semacam menjadi antiklimaks bagi dua pembalap yang tengah berebut gelar, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Fabio Quartararo (Monster Yamaha Energie).

Keduanya gagal podium. Tetapi Francesco Bagnaia sukses keluar sebagai juara MotoGP 2022 meski hanya finish di posisi ke-9. Quartararo sendiri hanya finish di posisi keempat dan harus melepas gelarnya karena finish sebagai runner up MotoGP 2022.

Dalam balapan di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia, Minggu, 06 Nopember 2022, malam WIB. Alex Rins keluar sebagai pemenang.

Baca Juga: Siapa Yang Bakal Juara Dunia MotoGP 2022, Pecco Bagnaia atau Fabio Quartararo. Ini Peluangnya

Pembalap Suzuki itu menjadi yang tercepat menyentuh finish dengan membuat catatan waktu 41 menit 22,250 detik.

Ini menjadi laga pamungkas mengesankan bagi Rins yang segera berpisah dengan Suzuki musim depan.

Ya, ini adalah balapan terakhir Alex Rins bersama Suzuki karena musim depan ia akan bergabung dengan LCR Honda.

Dalam balapan di Valencia ini, di podium kedua ditempati oleh Brad Binder. Pembalap Afrika selatan yang menunggangi KTM finish 0,396 detik di belakang Rins.

Sedangkan Jorge Martin mengisi podium ketiga. Pembalap Spanyol yang menunggangi Ducati itu finish 1,059 detik di belakang Rins.

Baca Juga: Hasil Balapan MotoGP Malaysia. Quartararo Finis Ketiga, Perebutan Juara Tunggu di Valencia

Di posisi keempat menyusul Fabio Quartararo yang tertinggal 1,911 detik dari Rins. Dan pembalap Prancis itu gagal mempertahankan gelar juara MotoGP yang direbutnya musim lalu.

Dengan hasil ini Quartararo hanya finish di posisi kedua di belakang Bagnaia. Bagnaia menjadi juara dengan total 265 poin. Rider Ducati itu unggul tujuh belas angka dari Quartararo (248 poin) yang menjadi runner-up MotoGP 2022.

Yang paling sial di balapan ini adalah Aleix Espargaro yang munudr pada lap keenam. Motor Aprilia miliknya mendapat masalah mekanik dan harus masuk ke pit, sekaligus menyudahi balapan.

Baca Juga: Alex Rins Menangi GP Australia, Pecco Ambiil Alih Klasemen, dan Ini Dia Rookie of the Years...

Akibat kegagalan ini, ia harus merelakang posisi ketiga yang sudah di depan mata dan diambil alih oleh Enea Bastianini yang sebenarnya hanya finish di posisi kedelapan.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X