Tercepat di Balapan Hanya 28 Laps, Max Verstappen Kunci Gelar Juara Dunia 2022 GP Formula One

- Minggu, 9 Oktober 2022 | 21:45 WIB
Pembalap Belanda, Max Verstappen diangkat beramai-ramai oleh timnya usai memastikan gelar juara GP Formula One 2022
Pembalap Belanda, Max Verstappen diangkat beramai-ramai oleh timnya usai memastikan gelar juara GP Formula One 2022

TOKYO, suaramerdeka-wawasan.com - Pembalap tim Red Bull Max Verstappen mengunci gelar juara dunia GP Formula One 2022 usai memenangi balapan penuh drama GP Jepang di Sirkuit Suzuka Jepang yang sempat tertunda dua kali dan diwarnai dengan penalti yang diterima Charles Leclerc.

Verstapen sendiri memang tak menyangka bakal juara meski ia menyentuh finish pertama. Maklum, balapan tidak berjalan penuh, dan hanya berlangsung hampir 50 persen saja yaitu hanya berlangsung 28 laps dari total 53 laps yang seharusnya.

Bahkan saat diberitahu juara dunia, Verstappen terlihat tidak percaya, seperti terlihat di video yang diunggah oleh twitter resmi F1.

Baca Juga: Red Flag Dikibarkan Saat Balapan Formula 1 di Sirkuit Suzuka. Ada yang Ketiban Papan Reklame Lho

Balapan sendiri setelah dikibarkannya Red Flag, ditunda lebih daru 2,5 jam. Balapan dimulai kembali pada pukul 16.15 waktu setempat. Penundaan yang berlangsung sampai dua jam itu membuat balapan diperpendek menjadi 30 menit.

Verstappen nyaris tak tersentuh di posisi terdepan setelah balapan kembali dilangsungkan. Sementara itu, Leclerc dan Perez terlibat persaingan sengit memperebutkan posisi kedua.

Sebenarnya Leclerc menyusul di posisi kedua dengan catatan waktu lebih lambat 26.736 detik. Sedangkan Perez di posisi ketiga dengan lebih lambat 27.066 detik

Namun, Leclerc kemudian dapat penalti lima detik karena dianggap memotong pembalap lain, sehingga akhirnya dianggap finish dengan catatan waktu lebih lambat 32.736 detik.

Baca Juga: Miller Raih Juara Perdana Musim Ini. Pecco Crash, Marquez Nyaris Podium

Penalti tersebut membuat Perez mendapat posisi kedua dan Leclerc turun ke posisi ketiga.

Perubahan posisi tersebut sempat menimbulkan kebingungan soal status Verstappen sebagai juara dunia, karena balapan hanya menuntaskan 28 laps dari total 53 laps.

FIA kemudian mengonfirmasi bahwa balapan GP Jepang menggunakan poin penuh. Verstappen pun baru diberi tahu kalau dirinya jadi juara dunia dalam wawancara usai balapan.

Max Verstappen kini mengumpulkan 366 poin di puncak klasemen F1. Sergio Perez menyusul dengan 253 poin, unggul satu angka atas Charles Leclerc.

Ini jadi gelar juara dunia yang kedua untuk Verstappen. Pembalap berkebangsaan Belanda itu juga jadi juara dunia musim lalu.

"Gelar yang pertama sedikit emosional. Sedangkan yang kedua ini lebih indah. Saya merasa musim yang kami jalani sekarang sama indahnya," kata Verstappen.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X