Yamaha Merasa Quartararo Diperlakukan Tidak Adil Atas Hukuman Long lap Penalty

- Senin, 27 Juni 2022 | 13:58 WIB
Pembalap Aprillia, Aleix Espargaro, mencoba bertahan dari desakan motor pembalap Yamaha, Fabio Quartararo di lap kelima turn 5 MotoGP Belanda 2022 (tangkapan layar)
Pembalap Aprillia, Aleix Espargaro, mencoba bertahan dari desakan motor pembalap Yamaha, Fabio Quartararo di lap kelima turn 5 MotoGP Belanda 2022 (tangkapan layar)

ASSEN, suaramerdeka-wawasan.com – Race Direction MotoGP sudah memutuskan pembalap Monster Energie Yamaha MotoGP, Fabio Quartararo, dikenai long lap penalty, akibat kesalahannya jatuh di laps ke enam turn 5, hingga mempengaruhi balapan Aleix Espargaro yang sempat disenggolnya.

Hukuman Long Lap Penalty ini harus dijalani oleh Quartararo di MotoGP Inggris, sebulan mendatang, 7 Agustus 2022 di Sirkuit Silerstone.

Quartararo di penalti karena dipersalahkan terlalu ambisius dan tidak mengukur kesempatan hingga terjatuh sehingga mengganggu balapan Rider Aprillia, Aleix Espargaro, di MotoGP Belanda 2022.

Baca Juga: Quartararo Berbicara Tentang Keputusan Kembali ke Lintasan Usai Masuk Pit di MotoGP Belanda

Baca Juga: Crash Dengan Espargaro, Quartararo Harus Jalani Sanksi Long Lap Penalty di Sirkuit Silverstone

Akibat keputusan itu, tim Yamaha melontarkan protes keras. Menurut mereka keputusan itu tak adil, sebab ada banyak insiden serupa yang tak mendapat hukuman serupa.

Direktur Yamaha MotoGP, Massimo Meregalli menilai janggal keputusan itu. Ia mengatakan, ada beberapa kecelakaan serupa yang dialami Quartararo terjadi di musim ini, namun tak mendapat hukuman apa-apa.

Ia kemudian menunjuk kejadian Francesco Bagnaia terjatuh saat hendak menyalip Jorge Martin di MotoGP Qatar. Kejadian ini bukan hanya Pecco saja yang DNF, tetapi Jorge Martin juga DNF.

Kajadian serupa diaTakaaki Nakagami crash di MotoGP Catalunya hingga membuat pergelangan tangan Alex Rins patah. Mereka semua tidak dihukum seberat Quartararo.

"Kami menilai crash pertama Fabio sebagai insiden balapan. Jadi kami merasa keputusan Race Direction memberinya hukuman untuk balapan berikutnya bukan saja terlalu keras, mengingat dia tak bikin jatuh siapapun,’’ katanya.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Jorge Lorenzo Masuk MotoGP Legends Hall of Fame

Minggu, 1 Mei 2022 | 20:31 WIB
X