Sudah Lakukan Penjajakan, Ganjar Berharap Semua Bus Trans Jateng Gunakan Energi Listrik

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 23:29 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, melepas ribuan motor yang akan digunakan driver ojek online, Jumat, 22 Oktober 2021. /Dok Humas Pemprov Jateng/
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, melepas ribuan motor yang akan digunakan driver ojek online, Jumat, 22 Oktober 2021. /Dok Humas Pemprov Jateng/

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com – Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mendorong industri-industri segera melakukan riset dan pengembangan mobil listrik.

Hal itu disampaikan Ganjar, saat meninjau pabrik dan serah terima kendaraan listrik buatan Viar Jawa Tengah di Kawasan Industri BSB, MIjen, Kota Semarang, Jumat, 22 Oktober 2021.

Ganjar mengatakan, telah berdiskusi dengan berbagai pihak terkait. Menurut dia, saat ini yang sedang dibahas adalah penggunaan bus listrik untuk transportasi umum di Jateng.

Baca Juga: Rapat Paripurna DPRD Jateng Berpakaian ala Santri, Sriyanto Saputro: Nyaman, Tak Mengurangi Makna Sidang

''Yang kita mau dorong itu mobil. Termasuk di Dinas Perhubungan kita itu bus. Kita sudah penjajakan dengan beberapa penyedia bus listrik. Sehingga harapan kita bus-bus kota itu mungkin semuanya Trans Jateng juga bisa diganti listrik,'' katanya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar melepas ribuan motor listrik buatan Viar di Jateng yang akan digunakan para driver Grab.

Ganjar mengapresiasi langkah transformasi bahan bakar fosil ke listrik yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: BNN Jateng dan Kabupaten Magelang Ringkus Kurir Narkotika, Barang Bukti 19,3 Kg Daun Ganja Kering

“Ini bagian dari spirit bagaimana mentransformasikan motor yang berbahan bakar fosil pindah ke listrik,” tegas gubernur.

Di sisi lain, Ganjar yang juga didampingi perwakilan dari Kementerian ESDM, juga mengingatkan agar persiapan transformasi ini dilakukan secara menyeluruh. Terutama terkait pengelolaan limbah baterainya.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X