Hasil MotoGP Portugal 2023. Sempurna Pecco Bagnaia!

- Minggu, 26 Maret 2023 | 22:42 WIB
Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia sukses memenangi seri 1 MotoGP 2023 di MotoGP Portugal (tangkapan layar)
Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia sukses memenangi seri 1 MotoGP 2023 di MotoGP Portugal (tangkapan layar)

PORTIMAO, suaramerdeka-wawasan.com – Sebuah awal musim yang mengesankan dibuat Juara dunia Fransesco Bagnaia. Setelah sehari sebelumnya menjuarai sprint race MotoGP Portugal, Minggu, 26 Maret 2023, hari ini Pembalap dari tim Ducati Lenovo itu juga merebut podium pertama di balapan utama.

Dalam balapan sepanjang 25 laps, Pembalap asal Italia itu membuktikan diri sebagai yang tercepat dengan mencatatkan waktu total 41 menit 25,401 detik dan berhak mendapatkan 25 poin.

Itui seri seri pembuka MotoGP 2023 di Sirkuit Internasional Algarve Portimao, Portugal ini, Pecco –panggilan akrabnya—sudah mengantongi 37 poin, sebab ia sudah mendapatkan 12 poin dari juara sprint race.

Baca Juga: MotoGP Portugal 2023. Marc Marquez Raih Pole di Depan Pecco Bagnaia

Seperti diketahui, MotoGP 2023 menggunakan format baru dengan menggelar Sprint Race setiap Sabtu sebelum sesi balapan utama pada sehari berikutnya.

Sprint Race ini digelar setelah sesi kualifikasi 1 dan 2 selesai. Lap yang harus ditempuh pada sesi Sprint Race berjumlah setengah dari jumlah lap yang akan digunakan saat sesi balapan utama.

Menariknya, nilai atau poin dari hasil sprint race ini akan ditambahkan di klasemen MotoGP.

Rinciannya, pemenang di Sprint Race mendapatkan 12 poin, peringkat kedua meraih 9 poin dan peringkat ketiga mendapatkan 7 poin.

Selanjutnya dari peringkat keempat sampai kesembilan berturut-turut akan dapat 6, 5, 4, 3, 2, dan 1 poin. Yang menjadi catatan, starting grid akan menganut hasil kualifikasi, jadi Sprint Race tidak akan berpengaruh pada starting grid di balapan utama.

Makanya, hasil di MotoGP Portugal ini menjadi awal mengesankan bagi Francesco Bagnaia, sebab meraih dua juara di satu belapan hingga total ia mengantongi poin sempurna 37.

"Tadi merupakan balapan yang cukup panjang. Tapi saya menikmati balapan dan sangat senang bisa memulai awal musim ini dengan baik,’’ katanya usai balapan.

Akan halnya, Marc Marquez yang sempat tampil menjanjikan di sprint race maupun di kualifikasi pada Sabtu, 25 Maret 2023.

Pada balapan sabtu, di kualifikasi ia meraih pole position, sedangkan saat sprint race mantan juara dunia ini mampu finish di posisi kedua di belakang Pecco.

Sayangnya pembalap Spanyol dari tim Repsol Honda itu gagal melanjutkan balapan setelah mengalami crash dengan Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF) di Tikungan 3.

Bagnaia berharap, awal apiknya ini bisa berlanjut di balapan selanjutnya, karena MotoGP 2023 masih panjang, dan butuh kerja keras semua tim.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Hasil MotoGP Portugal 2023. Sempurna Pecco Bagnaia!

Minggu, 26 Maret 2023 | 22:42 WIB
X