Waketum I KONI Pusat: Prestasi Olahraga Berbanding Lurus dengan Anggaran yang Diberikan

- Senin, 19 September 2022 | 13:45 WIB
Waketum I KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno saat memberi sambutan di Rakerprov KONI Jateng 2022 (Didik SP)
Waketum I KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno saat memberi sambutan di Rakerprov KONI Jateng 2022 (Didik SP)

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.com - Wakil Ketua Umum I KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno, menyarankan agar Jawa Tengah memfokuskan diri pada olahraga perseorangan dan memiliki banyak nomor untuk memaksimalkan prestasinya. 

Saran itu disampaikan Suwarno saat mewakili Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman yang berhalangan hadir dalam Rakerprov KONI Jateng di Hotel Grand Candi Semarang, Senin, 19 September 2022.

''Kalau bisa, silahkan cetak atlet atletik dan renang sebanyak-banyaknya dan sebaik-baiknya, karena cabor ini banyak nomornya atau medalinya, tapi atletnya di Indonesia prestasinya kurang,'' kata Suwarno

Baca Juga: KONI Pati Belajar dari Jatim, DIY dan KONI Surakarta untuk Pembukaan Porprov Jateng 2023 yang Meriah

Ia kemudian mencontohkan kejadian di SEA Games Vietnam di mana medali Indonesia sangat minim. Di atletik medali dikuasai Vietnam dan Thailand, sedangkan di renang dikuasai Vietnam dan Singapura.

''Kalau Jawa Tengah bisa mencetal atlet andal di atletik dan renang kami jamin pemerintah akan memberi jam terbang lebih banyak bertanding ke luar negeri,'' katanya.

Suwarno mengakui, potensi atlet di Jawa Tengah sangat luar biasa. Ini, lanjutnya, didukung oleh potensi wilayah yang sangat mendukung. Namun ia melihat pembinaan olahraga di Jawa Tengah kurang terfokus. 

Ia mencontohkan olahraga dayung. Jawa Tengah, katanya, memiliki sungai, danau dan bendungan sangat melimpah. Tapi, lanjutnya, kenapa justru medalinya lebih banyak dikuasai Jawa Barat.

Baca Juga: KONI se Pati Raya Siap Gelar Porprov Jateng 2023 Sesuai Jadwal

Yang lain, katanya, olahraga paralayang. Potensi wilayah Jawa Tengah di olahraga ini sangat besar. Gunung, bukit di Jawa Tengah juga melimpah, tetapi medali di cabor ini dikuasai oleh Jatim dan Jabar.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X