Menunggu 10 Tahun, Akhirnya Citra Febrianti Raih Medali Perak Angkat Besi Olimpiade London 2012

- Sabtu, 17 September 2022 | 20:12 WIB
Mantan lifter Indonesia asal Lampung, Citra Febrianti. /Dok Istimewa/
Mantan lifter Indonesia asal Lampung, Citra Febrianti. /Dok Istimewa/

JAKARTA, suarmerdeka-wawasan.com - Menunggu selama sepuluh tahun, akhirnya mantan lifter andalan Indonesia asal Lampung Citra Febrianti menerima medali perak Olimpiade London 2012.

Citra yang saat itu tampil di kelas 53 Kg putri Olimpiade London 2012, akan menerima medali perak dalam acara seremoni di Plaza Timur, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu, 18 September 2022.

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu, 17 September 2022, pengalungan medali kepada Citra rencananya akan diserahkan oleh salah satu anggota IOC, Erick Thohir.

Baca Juga: Pelaku Penyuntikan LPG Nonsubsidi dan Penjualnya Diringkus Polres Brebes, Ngaku Sudah Beroperasi Dua Tahun

Citra di Olimpiade London 2012, saat itu berada di posisi keempat kelas 53kg putri, sehingga berhak atas realokasi medali perak dari Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Medali perak yang menjadi haknya itu, setelah IOC mendiskualifikasi peraih medali emas Zulfiya Chinshanlo dari Kazakhstan pada 19 Oktober 2016, serta peraih perunggu Cristina Iovu asal Moldova pada 10 November 2016.

Kedua lifter yang saat itu meraih medali emas dan perunggu di Olimpiade London 2012, terbukti positif doping berdasarkan klasifikasi baru Federasi Angkat Besi Internasional (IWF).

Baca Juga: Polisi Sudah Tahu Pembunuh Pegawai Bapenda Kota Semarang, Kapolrestabes Minta agar Pelaku Menyerahkan Diri

Setelah berjuang hampir enam tahun, sejak peraih medali emas dan perunggu didiskualifikasi pada tahun 2016, Citra akhirnya akan mendapat haknya sebagai peraih medali Olimpiade.

Terkait penyerahan realokasi medali Olimpiade, IOC memberikan aturan agar medali diserahkan secara seremonial, sebagai bentuk penghargaan terhadap prestasi atlet yang benar-benar bersih dari doping.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

X