Pantau Kondisi Atlet Pelatda, KONI Jateng Gelar Tes Fisik. Simak Gunanya

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:02 WIB
Para atlet Pelatda Jateng menjalani tes fisik yang digelar KONI Jateng di Unnes Semarang (Dok KONI Jateng)
Para atlet Pelatda Jateng menjalani tes fisik yang digelar KONI Jateng di Unnes Semarang (Dok KONI Jateng)

SEMARANG, suaramerdeka-wawasan.comKONI Jateng, menggelar tes fisik bagi atlet Pelatda Jateng. Sebanyak 260 atlet mengikuti test fisik ini di Gedung Prof Kamiso, Unnes Semarang.

Tes fisik digelar dari Jumat, 1 Juni 2022 dan Sabtu, 02 Juli 2022. Tes fisik ini dilakukan oleh Tim Unnes yang terdiri dari dosen olahraga FIK.

Pembukaan dilakukan oleh Sekum KONI Jateng Achmad Ris Ediyanto, yang dihadiri oleh Wakil Ketua Umum II Soedjatmiko yang juga ketua panitia, Wakil Ketua Umum I Bambang Raharjo, Kabid Pembinaan Rumini, Kabid Litbang Mugiyo Hartono.

Baca Juga: KONI Jateng akan Beri Pelatihan 90 Pelatih Pelatda Jateng

''Test fisik ini sangat penting dan akan menjadi tolok ukur bagi kebugaran para atlet. Karena itu, para atlet harus sungguh-sungguh menjalaninya,'' kata Ade Oesman, panggilan akrab sekum KONI, saat pembukaan.

Hadir pula para wakil ketua bidang pembinaan yang bertanggung jawab pada kelompok cabang olahraga yakni Rudi Dwi Tjahyanto (cabang akurasi), Agus Supriyadi (beladiri), Agus Raharjo (permainan). Adapun Budi Leksono (cabang terukur) berhalangan hadir karena ada tugas di PASI.

Dalam kesempatan itu Soedjatmiko menjelaskan, tujuan dilakukan tes fisik adalah pertama, mengukur kondisi terakhir atlet untuk menghadapi program latihan.

Yang kedua, sebagai tolok ukur awal bagian pembuatan program latihan, ketiga merupakan rangkaian besar dari Pelatda.

''Dari hasil test fisik ini, maka program latihan akan dibuat dan diterapkan. Kemudian, nanti ada test fisik lagi sekitar Desember 2022,'' paparnya.

KONI  Jateng sebenarnya sudah melakukan Pelatda sejak 1 Mei 2022 lalu. Para atlet berlatih di bawah pengawasan pelatih masing-masing cabang olahraga.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X