Sejarah, Tim Basket Indonesia Juara SEA Games 2021

- Minggu, 22 Mei 2022 | 20:38 WIB
Menpora Zainuddin Amali memberi motivasi di locker team Basket Putra Indonesia di final SEA Games 2021
Menpora Zainuddin Amali memberi motivasi di locker team Basket Putra Indonesia di final SEA Games 2021

HANOI, suaramerdeka-wawasan.com –Sebuah sejarah dibuat para pebasket Indonesia setelah Tim Basket Putra Indonesia berhasil menjuarai SEA Games Vietnam 2021.

Kepastian juara Tim Basket Putra Indonesia ini setelah dalam laga di Thanh Try Gymnasium, Hanoi, Minggu, 22 Mei 2022, memetik enam kemenangan dari total tujuh peserta.

Cabor basket putra memang menggelar pertandingan dengan sistem setengah kompetisi atau round robin bukan menggunakan sistem gugur di laga puncak seperti biasa.

Baca Juga: Tambah Dya Medali Emas, Tim Menembak Indonesia Juara Umum Cabor Menembak SEA Games 2021

Yang hebat, di laga penentuan, Indonesia berhadapan dengan Filipina yang sama-sama berbekal lima kemenangan di Thanh Try Gymnasium, Hanoi, Minggu, 22 Mei 2022, dan Indonesia berhasil menang dengan skor 85-81.

Padahal Filipina adalah jawara di arena SEA Games. Mereka menjadi juara bola basket saat pertama kali digelar tahun 1977. Hingga penyelenggara 2019 hanya sempat melepas gelar kepada Malaysia pada 1979 dan 1989.

Mereka bahkan tampil di Piala Dunia FIBA dalam beberapa kesempatan. Sehingga sebenarnya kemenangan atasa Filipina lah kejutannya.

Indonesia belum pernah meraih medali emas bola basket putra SEA Games, sejak berpartisipasi pada 1977 dan selalu saja harus puas dengan perak di bawah Filipina, yang memang punya reputasi sebagai raja bola keranjang Asia Tenggara.

Kini, tim yang diperkuat oleh tiga orang pemain naturalisasi, Diagne Dame, Terrell Bolden Marques, Jawato Brandon ini tampil digdaya dengan selalu unggul dalam setiap babak (10 menit).

Secara keseluruhan, tim bola basket putra Indonesia diperkuat 12 orang pemain yakni Juan Laurent, Michael Xzavierro Derrick, Lakudu Hardianus, Jawato Brandon, Darmar Grahita Abraham yang juga kapten tim.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

X