Federer Akhirnya Mundur

- Senin, 7 Juni 2021 | 15:08 WIB
Roger Federer (Didik SP)
Roger Federer (Didik SP)

PARIS, suaramerdeka-wawasan.com - Mantan petenis putra nomor satu dunia, Roger Federer, akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari grand slam Prancis Terbuka.
"Setelah diskusi dengan tim saya, saya memutuskan harus mundur dari Roland Garros hari ini," ucap Federer dalam pernyataannya seperti dilansir Guardian.
Petenis asal Swiss itu memang sejak awal ragu melanjutkan kiprahnya di Prancis terbuka. Ini setelah ia merasakan pertandingan melelahkan melawan di babak ketiga melawan Dominik Koepfer.

Baca Juga: Federer Masih Bertahan, Rekor dan Inspiratif

Baca Juga: Bintang-bintang Putra Masih Melaju


Dalam pertandingan itu, Federer harus bertarung selama 3,5 jam sebelum akhirnya menang empat set atas Koepfer. Pertandingan antara Federer dan Koepfer itu berlangsung hingga pukul 01.00 dini hari waktu Paris.
Padahal, dia sendiri baru sembuh dari cedera lutut yang memaksanya dua kali melakukan operasi. Dia hanya memainkan tiga pertandingan dalam 16 bulan. Dan ini adalah turnamen grand slam pertamanya pasca operasi kedua.
"Operasi lutut dua kali dan satu tahun pemulihan membuat saya harus mendengarkan tubuh saya dan memastikan saya tidak memaksakan diri terlalu cepat dalam proses penyembuhan."
"Saya harus akui, saya senang sudah memainkan tiga pertandingan. Tidak ada perasaan yang lebih luar biasa dibandingkan kembali ke lapangan," ungkapnya.
Pihak otoritas penyelenggara pertandingan pun menyesalkan pengunduran diri petenis yang baru membubukan rekor tertua tampil di turnamen grand slam setelah Jim Courier.
"Roland Garros menyesal dengan pengunduran diri Roger Federer, yang tadi malam bertarung dengan luar biasa," ujar Direktur Turnamen Guy Forget.
"Kami semua senang melihatnya kembali ke Paris, di mana dia memainkan tiga pertandingan level tinggi. Kami doakan yang terbaik untuknya untuk sisa musim." imbuhnya.
Roger Federer sejatinya dijadwalkan akan menghadapi Matteo Berrettini di babak keempat pada Senin (7/6/2021).
Andai bisa melewati adangan Berrettini, pemilik 20 gelar grand slam itu berpeluang menghadapi Novak Djokovic yang akan bertanding melawan Lorenzo Musetti.
Dengan keputusan pengunduran dirinya itu, kini mantan petenis nomor satu dunia itu akan fokus ke Wimbledon yang akan dimulai 28 Juni mendatang. Dan ini memang sudah menjadi tekad dia sejak come back.

Editor: Didik Saptiyono

Sumber: twitter@rolandgarros

Tags

Terkini

X