Pemilihan Nagita Slavina Jadi Ikon PON XX, Tuai Beragam Pro dan Kontra

- Jumat, 4 Juni 2021 | 14:40 WIB
Potret Nagita Slavina ikon PON XX Papua. /Rans Entertainment
Potret Nagita Slavina ikon PON XX Papua. /Rans Entertainment

JAKARTA, SuaraMerdeka-Wawasan.Com - Artis Nagita Slavina tengah menjadi sorotan, lantaran terpilih menjadi Ikon Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Sontak hal tersebut menuai beragam pro dan kontra, lantaran pemilihan Nagita Slavina sebagai ikon PON XX itu dinilai akan menimbulkan apropriasi budaya.

Reaksi kekecewaan itu bahkan dibuat petisi. Tercatat sebanyak 4.157 orang telah mendatangani petisi tersebut hingga pukul 9.01 WIB Jumat 4 Juni 2021.

Adapun petisi tersebut bertujuan untuk memohon dukungan dari seluruh rakyat Indonesia, agar bisa memperjuangkan identitas dan eksistensi Budaya dan Manusia Papua.

''Kami berterima kasih dan bangga atas kepercayaan yang diberikan kepada pemerintah dan masyarakat Papua untuk tetap menggelar kegiatan PON XX yang akan diselenggarakan di Papua pada tahun ini, meski pun dihadapkan pada banyak tantangan dan situasi yang kurang baik,'' narasi dari petisi tersebut.

Tak hanya itu, dalam unggahan petisi itu juga disampaikan rasa terima kasih kepada Nagita Slavina, yang telah menyediakan diri untuk membantu promosi dan sosialisasi kegiatan PON XX Papua.

''Namun demikian, kami rasa perlu untuk tetap menyuarakan aspirasi kami terkait penunjukkan saudari kami Nagita Slavina sebagai ikon PON Papua.''.

Dalam petisi tersebut diungkapkan bahwa pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional merupakan kegiatan yang sangat ideal sebagai agenda pemersatu bangsa dan menunjukkan keberagaman budaya Indonesia.

''Sehingga kami merasa sebaiknya duta atau ikon PON Papua juga harus berasal dari Papua. Penunjukkan saudari kami Nagita Slavina kami rasa sangat jauh dan tidak merepresentasikan eksistensi perempuan Papua sama sekali. Dan hal ini pada akhirnya dapat mendorong terjadinya Cultural Appropriation,'' demikian Pikiran-Rakyat.com kutip dari laman resmi change.org.

Dengan menempatkan Perempuan Papua sebagai duta maupun ikon pelaksanaan event Nasional di Tanah Papua, dalam unggahan tersebut diharapkan dapat menjadi gestur yang baik terhadap semua sebagai anak bangsa.

Halaman:

Editor: Eddy Tuhu

Tags

Terkini

Jateng Kirimkan 106 Wasit untuk Bertugas ke PON Papua

Kamis, 16 September 2021 | 17:41 WIB

Emma Raducanu Membuat sejarah di Final AS terbuka 2021

Senin, 13 September 2021 | 01:06 WIB

Rossi Putuskan Pensiun Akhir Musim, LEGEND!

Jumat, 6 Agustus 2021 | 15:08 WIB
X