KONI Jateng Perlu Evaluasi Bersama untuk Menghadapi PON XXI

- Kamis, 11 November 2021 | 16:14 WIB
Plt Ketua KONI Jateng Bona Ventura memberi paparan evaluasi hasil PON XX 2021 Papua kontingen Jawa Tengah di Semarang, Minggu (17/10). (suaramerdeka.com/dok)
Plt Ketua KONI Jateng Bona Ventura memberi paparan evaluasi hasil PON XX 2021 Papua kontingen Jawa Tengah di Semarang, Minggu (17/10). (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, Suaramerdeka-wawasan.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengucapkan terimakasih kepada seluruh atlet dan ofisial provinsi ini yang sudah berjuang di PON Papua. Pernyataan ini disampaikan oleh Kabid Olahraga Disporapar Jateng, Agung Hariadi.

Agung menyampaikan hal itu dalam dialog Aspirasi Jawa Tengah “Pembinaan Olahraga Jawa Tengah Pasca PON XX” di studio TATV Solo, Selasa (9/11/2021) malam.

Soal peringkat Jateng yang turun dan berada di bawah Bali, dia mengakui, kontingen Bali tampil lebih baik.

Seperti diketahui Jateng menempati peringkat 6 daftar perolehan medali di bawah Bali pada PON Papua. Dari posisi itu, atlet-atlet Jateng sendiri meraih 138 medali pada PON Papua. Rinciannya, terdiri dari 27 emas, 47 perak, dan 64 perunggu.

Baca Juga: Disporapar Jateng: Bonus Atlet Jateng, Emas Rp 200 Jutaan, Perak Rp 150 Jutaan

Menurutnya, secara keseluruhan perolehan medali yang diraih kontingen papan atas di PON Papua mengalami penurunan dibanding PON sebelumnya. Meskipun kata dia, ada daerah yang melesat seperti perolehan medali Papua yang melesat dari 18 menjadi 93 medali

 “Ini tentu harus menjadi evaluasi bersama. Kita perlu merumuskan bagaimana menata prioritas cabor yang berpotensi meraih medali, dan membangun mental juara atlet,” katanya.

Menimpali Agung, tentang kegagalan Jateng di PON, Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman, yang juga Ketua Pengprov Perserosi (sepatu roda) Jateng mengungkapkan, banyak faktor internal dan eksternal yang menjadi sandungan.

Ia kemudian mencontohkan waktu penyesuaian di Papua yang hanya sebentar. “Atlet kita hari ini datang, orientasi lapangan sehari, besoknya langsung tanding,’’ kata dia.

‘’padahal perjalanan juga sudah jauh. Ini yang perlu menjadi evaluasi karena juga menyangkut soal anggaran,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

Bona Ventura Hampir Pasti Pimpin KONI Jateng 2021-2025

Kamis, 16 Desember 2021 | 11:02 WIB
X