Ontran-ontran Test Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK Terus Berlanjut, Komnas HAM Keluarkan 5 Rekomendasi

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 11:36 WIB
Gedung KPK. /Dhemas Reviyanto/Pikiran-Rakyat.com
Gedung KPK. /Dhemas Reviyanto/Pikiran-Rakyat.com

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Ontran-ontran pegawai KPK masih terus berlangsung, khususnya mengenai nasib pegawai Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) yang tak lolos seleksi test wawasan kebangsaan (TWK).

Bagi pegawai KPK yang tak lolos TWK sebagai alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara mepersoalkan karen ada dugaan ada ketidakberesan dalam seleksi.

Polemik pegawai KPK ini menjadi perhatian serius dari Komnas Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI melakukan investigasi tentang pelaksanaannya.

Hasil dari investigasi yang dilakukan Komnes HAM ditemukan sejumlah pelanggaran dalam pelaksanaan TWK, ada 11 poin pelanggaran.

Baca Juga: SKD CPNS 2021, Satu Ruangan Hanya Diisi 30 Peserta, Satgas Covid-19 Beri Rekomendasi

Kemudian dari 11 poin dugaan pelanggaran HAM tersebut, Komnas HAM juga mengeluarkan lima rekomendasi kepada Presiden Jokowi sebagai pemegang kekuasaan tertinggi pemerintahan, terkait kasus tersebut.

Mulai dari pemulihan status pegawai KPK yang dinyatakan tidak memenuhi syarat agar diangkat menjadi ASN. Kemudian evaluasi menyeluruh terhadap penyelenggaraan TWK bagi pegawai lembaga antirasuah tersebut.

Dikutip SuaraMerdeka-Wawasan.com dari berita Pikiran-Rakyat.com berjudul ''Eks Pimpinan KPK Desak Jokowi Tindaklanjuti Temuan Komnas HAM: Kita Yakin Presiden Punya Nyali''.

Selain itu, melakukan upaya pembinaan terhadap seluruh pejabat kementerian dan lembaga yang terlibat dalam penyelenggaraan asesmen TWK pegawai KPK.

Baca Juga: Kemenkes Tegaskan Belum Ada Kelompok Lain, Termasuk Pejabat yang Divaksin Booster, Kecuali Nakes

Halaman:

Editor: Kusmiyanto

Tags

Terkini

X