Luhut Binsar Pandjaitan : Indonesia Sulit Mencapai Kekebalan Berkelompok , Covid-19 Bermutasi ke Varian Delta

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 10:18 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19. /Pixabay/maloushkina
Ilustrasi pasien Covid-19. /Pixabay/maloushkina

JAKARTA, suaramerdeka-wawasan.com - Penyebaran virus Covid-19 di Indonesia terus terjadi, masyarakat agar tetap waspada.

Penanganan Covid-19 oleh pemerintah terus dilakukan dengan berbagai cara mulai dari vaksinasi massal sampai tes antigen, juga pemberlakukan kegiatan masyarakat (PPKM).

Diharapkan dengan cara tersebut diharapkan bisa menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Hingga saat ini belum diketahui kapan berakhirnya penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat bisa melakukan aktivitas normal seperti sebelumnya.

Baca Juga: Kemenkes Tegaskan Belum Ada Kelompok Lain, Termasuk Pejabat yang Divaksin Booster, Kecuali Nakes

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga menegaskan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan berlaku terus selama pandemi Covid-19.

Namun  Luhut juga mengatakan, Indonesia sulit mencapai herd immunity atau kekebalan berkelompok karena Covid-19 telah bermutasi ke varian Delta.

Menurutnya, varian Delta Covid-19 tersebut memiliki angka reproduksi penularan antara 5,0 sampai 8,0 kali, sedangkan tingkat efikasi vaksin rata-rata hanya 60 persen.

“Strategi kami sekarang tidak bicara herd immunity lagi, tetapi mengendalikan (pandemi) ini,” ujar Menko Luhut Pandjaitan dalam Rakornas Apindo yang digelar secara daring di Jakarta, Selasa, 24 Agustus 2021.

Baca Juga: Rencana Sekolah Tatap Muka di Semarang, Walikota dan Kapolrestabes Optimis Target Vaksin Pelajar Tercapai

Halaman:

Editor: Kusmiyanto

Tags

Terkini

X