Cianjur Diguncang Gempa. Ternyata Tercatat Sejarah Panjang Gempa Cianjur

- Senin, 21 November 2022 | 19:06 WIB
Dampak kerusakan Gempa Cianjur membuat rumah warga roboh (tangkapan layar)
Dampak kerusakan Gempa Cianjur membuat rumah warga roboh (tangkapan layar)

CIANJUR, suaramerdeka-wawasan.com - BMKG mengungkap daerah Cianjur dan sekitarnya memang daerah rawan gempa. Gempa Cianjur, menurut BMKG punya sejarah panjang gempa.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, bahwa kawasan Cianjur dan sekitarnya, seperti Sukabumi, Rangkasbitung, dan Bandung memang merupakan kawasan seismik aktif dan kompleks.

Kawasan ini, kata Daryono, dalam hal kompleksitas dilalui jalur gempa yang aktif yaitu sesar Cimandiri, Sesar Padalarangan dan masih banyak sesar lainnya.

Baca Juga: Penyebab Gempa Cianjur Berpotensi Merusak, Meski Magnitudo-nya Tidak Besar

Kawasan Jawa Barat yang dilalui sesar tersebut juga berpotensi mengalami gempa dangkal sehingga tidak perlu magnitudo besar untuk bisa menimbulkan kerusakan.

BMKG mengingatkan gempa terakhir di wilayah ini pada tahun 2000 lalu. Saat itu, setidaknya 1.900 rumah mengalami rusak berat.

‘’Makanya, itu tidak butuh kekuatan besar misalnya di atas (magnitudo) 7 untuk merusakan. Tetapi kekuatan (magnitudo) 4, 5, 6 seperti sekarang ini bisa timbulkan kerusakan yang signifikan," jelasnya.

BMKG kemudian menceritakan sejarah gempa di Wilayah ini yang memang menimbulkan kerusakan hebat.

Dalam catatan BMKG, catatan pertama gempa diawali gempa 1808, lalu gempa tahun 1910. Di dua gempa ini, tak banyak catatan tentang kerusakan dan korbannya.

Namun pada gempa pada 21 Januari 1912, dan 2 November 1968 dengan kekuatan gempa 5,4 magnitudo banyak mengakibatkan rumah roboh dan rusak baik berat maupun ringan.

Halaman:

Editor: Didik Saptiyono

Tags

Terkini

BRI Peduli Berikan Bantuan Pada Korban Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 | 19:13 WIB
X